background img

SEKOLAH WAJIB SEDIAKAN KELAS HAFIZ

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menargetkan pembahasan Reperda Pendidikan Karekter dapat diselesaikan pada tahun 2021 ini.

Raperda memuat kewajiban bagi sekolah negeri atau swasta maupun pesantren yang ada di Kota Balikpapan untuk menyediakan kelas khusus tahfiz Al Qur’an bagi siswa yang beragama muslim.

“Sesegera mungkin kita berharap baik pemerintah kota ataupun DPRD Balikpapan mulai mengkaji rencana untuk membuatkan peraturan daerah yang ditujukan kepada sekolah negeri maupun swasta termasuk pesantren wajib membuka kelas yang ditujukan khusus untuk tahfiz Al Qur’an,” kata Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh kepada wartawan, Selasa (30/3).

Menurut Abdulloh, kebijakan ini dibuat untuk mendukung program pemerintah untuk meningkatkan program pendidikan karakter di sekolah. Salah satunya dengan meningkatkan pendidikan agama.

Kebijakan ini berlaku bagi semua usia anak di sekolah dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama.

Untuk itu, pemerintah kota harus siap memberikan dukungan untuk pelaksanaan program ini terkait penyediaan sarana maupun alokasi anggarannya.

“Pemerintah harus memberikan dukungan tidak hanya pada sarana tapi juga pemberian anggaran dalam hal pengembangan pendidikan agama di tiap-tiap sekolah khususnya bagi umat muslim,” terangnya.

Dalam kesempatannya, Abdulloh meminta kepada pemerintah kota agar tetap fokus dalam mengembangkan fasilitas pendidikan di sekolah negeri.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas daya tampung di tiap sekolah negeri, agar persoalan masih banyaknya anak usia sekolah yang tidak tertampung di sekolah negeri dapat diatasi.
“Peningkatan jumlah anak usia sekolah yang tidak dapat ditampung di sekolah negeri ini harus menjadi sebuah

catatan bagi pemerintah kota, kami dari DPRD Balikpapan mengharapkan agar pemerintah kota tetap berkonsentrasi dalam melakukan pembangunan sekolah negeri, yang juga dibarengi dengan peningkatan jumlah guru pendidik beserta dengan penambahan fasilitas pendidikan yang ada di sekolah negeri,” ungkapnya.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *