background img

SEDEKAH DENGAN AKHLAK

5 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Di masa sulit selama pandemi Covid-19 ini banyak orang yang merasa kekurangan dari segi materi, karena ada yang dirumahkan dari pekerjaan. Bahkan hingga PHK.

Sektor perekonomian pun merosot, karena daya beli masyarakat menurun. Bahkan sempat resesi.
Di saat uang susah untuk didapatkan, lantas bagaimana kita bisa berbagi?

Ustadz Agus Khoirul Huda, Lc menyampaikan seputar sedekah itu saat tausiyah singkat di Program Sajadah radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim, Jumat (11/12). Program ini dipandu Elyana Sesil.

“Setiap muslimin harus bersedekah. Tetapi bersedekah bukan melulu dengan materi atau uang. Bahkan, dengan senyuman itu pun adalah sedekah,” ucap Agus.

Melakukan sesuatu hal baik dengan menebar manfaat buat orang di sekitar kita, merupakan sedekah yang bukan berupa uang. Menolong orang yang membutuhkan pertolongan juga merupakan sedekah yang bisa dilakukan seseorang yang tidak memiliki uang. “Misal ada pembangunan sebuah masjid, tapi kita tidak memiliki uang untuk bersedekah. Maka kita bisa lakukan beberapa hal. Salah satunya adalah membantu para tukang yang sedang bekerja membangun masjid, dan banyak hal lain yang bisa lakukan,” ujarnya.

Agus yang sangat aktif mengisi ceramah di Balikpapan ini pun menambahkan, bahwa menahan diri dari perbuatan dosa pun merupakan sedekah. “Mudahnya kita beribadah dalam Islam. Muslimin bisa bersedekah dengan banyak hal. Jika tidak bisa bersedekah dengan uang, maka tebarkanlah manfaat buat orang di sekitar kita, atau tolonglah orang yang butuh pertolongan. Jika masih tidak bisa juga, janganlah mengganggu orang lain dengan cara menahan diri dari perbuatan dosa.”

Disampaikannya, banyak kebaikan yang tidak bisa diterima bukan karena kebaikannya, tapi karena cara menyampaikannya yang tidak baik. “Muslim itu adalah orang yang mulut dan tangannya tidak menyakiti orang lain,” tutupnya.

Sesil/kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *