background img

SEBELUM MENGAJAR GURU WAJIB RAPID TEST

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Memasuki tahun ajaran baru sekolah Juli mendatang, Pemerintah Kota Balikpapan akan menerapkan skema new normal atau normal baru pada sektor pendidikan. Salah satu implementasi kebijakan itu adalah mewajibkan guru mengikuti rapid test sebelum mulai mengajar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty yang akrab disapa Dio mengatakan, pelaksanaan rapid test khusus kepada guru ini akan dilaksanakan sepekan sebelum dimulai jadwal pembukaan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Untuk guru, kami akan lakukan rapid test seminggu sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar, karena kalau diambil sekarang hasilnya negatif semua,” katanya ketika diwawancarai wartawan, Sabtu (30/5).
Menurutnya, pihaknya menjadwalkan rencana pelaksanaan rapid test guru seminggu sebelum jadwal pembukaan sekolah, untuk menyesuaikan masa inkubasi, sehingga hasil pelaksanaan rapid test dalam lebih maksimal.

“Masa inkubasi itu satu minggu, jadi kita buka untuk guru itu satu minggu sebelum pelaksanaan sekolah dimulai, jadi bisa ketahuan,” terangnya.
Dalam pelaksanaan rapid test massal kepada seluruh guru yang ada di Kota Balikpapan, pihaknya akan melibatkan seluruh Puskesmas yang ada di tiap kelurahan.

Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan kelurahan dan RT se tempat untuk memudahkan dalam pelaksanaan pengawasan ketika ada ditemukan guru yang reaktif saat di rapid test.
Untuk menjamin ketersediaan alat rapid test, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan berencana akan mengadakan kembali pengadaan alat rapid test sekitar 4.000 unit untuk mendukung rencana penerapan kebijakan rapid test massal di Kota Balikpapan.

Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, jumlah guru untuk tingkat SMP sederajat tercatat mencapai 1.000 orang lebih yang terbagi di 76 SMP negeri dan swasta, sedangkan untuk guru di tingkat SD sederajat mencapai 2.200 orang lebih yang terbagi di 186 sekolah dasar negeri dan swasta.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *