background img

SEBAB BENCANA MELANDA

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sudah setahun lebih dunia hidup berdampingan dengan Corona. Virus dari kota Wuhan, Tiongkok, merebak pada penghujung tahun 2019 hingga mendunia hingga sekarang. Virus yang akhirnya menjadi pandemi ini sangat mengerikan, karena mampu melumpuhkan ekonomi selain mengganggu kesehatan manusia hingga berakhir kematian.

Ternyata musibah yang melanda bumi ini sudah disebutkan dalam ayat suci Al Quran dan beberapa hadist, bahwa musibah datang tidak tiba-tiba melainkan ada sebab.

“Setiap musibah adalah timbal balik karena perilaku kita sebagai manusia,” ucap Agus Khoirul Huda, Lc saat mengisi tausiyah singkat di Program Sajadah yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim, Jumat (5/2).

Program yang disiarkan oleh radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan ini membahas berbagai sebab mengapa musibah itu melanda. Ada banyak sebabnya, salah satunya adalah kufur nikmat.

“Kurangnya rasa syukur manusia dalam segala hal yang sudah diberikan oleh Allah,” ujar Agus. Menurutnya, ini tercermin dalam QS An-Nahl : 112.

Selain kufur nikmat, masifnya kezoliman yang terjadi juga menjadi sebabnya musibah itu melanda. ”Bahkan membiarkan kemaksiatan terjadi adalah alasan kenapa musibah itu ada. Saat ini sangat mengerikan karena zina serta riba yang sangat terang-terangan terjadi, yang dimana itu juga disebutkan dalam hadist rasul yang sudah ada ribuan tahun lalu,” paparnya.

Ustadz Agus menambahkan, saat menjalankan perdagangan janganlah berbuat curang. Karena melakukan kecurangan timbangan merupakan penipuan pelanggan yang mengakibatkan musibah ini terjadi. Orang-orang kaya yang diberikan rezeki berlebih agar menggunakan hartanya dengan bijak, karena sangat banyak orang kaya yang durhaka terhadap hartanya.

“Serta jangan mengabaikan zakat agar kita terhindar dari musibah. Bertaubatlah karena Allah memaafkan sebagian dosa-dosamu,” tutupnya.

Sesil/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *