background img

SATPOL PP TINGKATKAN RAZIA ANJAL

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Memasuki bulan suci Ramadan, jumlah anak jalanan atau anjal yang menjadi gelandangan, pengamen dan pengemis (gepeng) yang mangkal di sejumlah titik di Kota Balikpapan semakin marak.
Para anjal dan gepeng ini banyak melakukan aktifitas di sejumlah persimpangan tiga maupun di perempatan jalan. Seperti yang terlihat di simpang tiga Jl. Soekarno-Hatta Km 3,5 Balikpapan Utara, kawasan Muara Rapak dan Balikpapan Baru.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan, Zulkifli mengaku telah menerima laporan dari masyarakat. Pengguna jalan mengeluh karena arus lalu lintas terganggu gara-gara para anjal yang beraktivitas di ruas ialan.
“Sebelum bulan suci Ramadan, pengamen tidak ada yang ngamen di lampu merah. Tapi saat Ramadan tiba, mereka kembali lagi mangkal di jalanan,” ujar Zul sapaan akrab Zulkifli kepada wartawan, Selasa (5/4).
Ia menjelaskan, dalam melakukan upaya penertiban para anggota Satpol PP kerap melakukan kejar-kejaran dengan anjal. Karena itu, ketika melihat mobil operasional polisi penegak Perda ini, dari kejauhan, para anjal langsung berhamburan untuk melarikan diri.
Sebenarnya sebagian besar anjal yang diamankan sudah beberapa kali terjaring namun kerap kembali.
Pihaknya juga kesulitan dalam melakukan tindakan tegas terhadap orang tuanya, karena mereka memang berlatar belakang dari keluarga tidak mampu.
“Hampir setiap malam, anggota Satpol PP mengejar para pengamen. Kami akan terus melakukan operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) dan menertibkan para pengamen di tempat mereka biasa mangkal,” tuturnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.