background img

SATLANTAS PASANG RAMBU PRIORITAS

12 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kesadaran masyarakat untuk memberi ruang bagi kendaraan prioritas di jalan rupanya masih sangat minim. Tak sedikit pengemudi mobil maupun motor justru menghalangi laju dari kendaraan prioritas tersebut.

Atas dasar hal itu, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Balikpapan memasang sedikitnya 12 rambu bagi kendaraan prioritas agar dapat bergerak lebih cepat. Rambu tersebut dipasang sepanjang Jalan A Yani.

“Saat ini kita melaksanakan pemasangan rambu petunjuk atau pemandu setiap pengendara yang ada di jalan raya terkait dengan kendaraan prioritas. Ada 12 titik di Jalan A Yani,” kata Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono, Selasa (10/11).

Kendaraan yang berhak mendapatkan prioritas di jalan, lanjut Irawan, sudah diatur dalam Pasal 134 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Sedikitnya ada tujuh kendaraan yang mendapat hak utama untuk didahulukan dibanding pengguna jalan lainnya.

“Ada tujuh kendaraan, seperti kendaraan pemadam kebakaran yang bertugas, ambulance yang membawa orang sakit atau angkutan yang sedang membawa korban laka dan lainnya,” ujar Irawan.

Pemasangan rambu tersebut demi memberi ruang bagi kendaraan prioritas agar bergerak lebih cepat.

Bahkan untuk mendukung rambu tersebut, Satlantas juga membuat marka jalan yang berwarna merah. Fungsinya sama, memberi batas antara pengguna jalan umum dan kendaraan prioritas.

“Ini upaya memberikan prioritas agar pergerakan kendaraan itu sendiri lebih cepat. Kalau selama ini untuk ambulance misalnya, mereka memanfaatkan sela-sela ruang jalan untuk melaju,” ungkap Irawan.

Setelah pemasangan, dalam beberapa pekan ke depan pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan serta fungsi dari panduan tersebut.

“Dengan adanya panduan seperti marka dan rambu ini diharapkan para pengendara bisa mengerti arah mana harus menepi. Sabab ini sebagai salah satu jalur prioritas,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *