background img

SATLANTAS LENGKAPI PETUGAS DENGAN HELM BERKAMERA

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satlantas Polresta Balikpapan akan melengkapi petugasnya di lapangan dengan helm yang dipasangi kamera.

Hal itu merupakan bagian dari penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara mobile yang rencananya akan launching pada 28 April mendatang.

“Kita ada mobile ETLE. Di mana kamera terpasang di helm milik petugas kepolisian yang sedang berpatroli.

Selama petugas berkeliling langsung di lapangan, kamera akan diaktifkan untuk mengambil gambar,” kata Kasatlantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono belum lama ini.

Setelah selesai berpatroli, lanjut Irawan, pihaknya akan mengevaluasi apa saja yang terekam di kamera. “Apabila ada pelanggaran, nanti snapshootnya akan dikonversi ke aplikasi ETLE,” ujarnya.
Dengan mobile ETLE ini petugas tidak perlu lagi mengejar pelanggar karena sudah terekam di kamera. “Dan di aplikasi ETLE nanti yang melakukan pemblokiran STNK pemilik kendaraan,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat kamera ETLE juga akan dipasang beberapa titik dengan enam kamera pemantau. Yakni, di Simpang Beruang Madu, Simpang Plaza Balikpapan dan di Lapangan Merdeka.
“Di Lapangan untuk mengantisipasi adanya balap liar yang sering terjadi di Melawai,” tutur Irawan.

Nantinya dari kamera-kamera yang terpasang tersebut akan snapshoot situasi di lapangan. Termasuk gambar para pengemudi yang melanggar lalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, tidak memakai safety belt, melanggar kecepatan, marka, dan lainnya.

“Itu akan di snap dengan otomatic kamera yang kita pasang pada tiang-tiang jalan yang sudah ditentukan,” ucap Irawan.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *