background img

SATGAS TINJAU PPKM MIKRO TINGKAT RT

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan melakukan monitoring dan pembinaan lapangan terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Kamis (18/2).

Salah satu wilayah yang ditinjau adalah RT 41 Perumahan Balikpapan Regency, Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan (Balsel). Dipimpin langsung oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan Rizal Effendi.

“Hari ini kita melihat kondisi Satgas kita di tingkat RT, dalam rangka PPKM Mikro. Salah satunya di RT 41, Perumahan Regency,” kata Rizal kepada awak media.

Menurut Rizal, RT 41 menjadi salah satu contoh. Sebab, meski masuk dalam zona hijau satgasnya tetap melakukan siaga hingga menyediakan fasilitas isolasi mandiri bagi warga.

“Selain posko, RT 41 ini juga sudah menyediakan fasilitas isolasi mandiri yang merupakan swadaya dari masyarakat sekitar. Mudahan tidak ada yang diisolasi. Ini untuk jaga-jaga saja,” ujarnya.

Satgas setiap RT juga diminta untuk melakukan upaya antisipasi lain seperti penyemprotan disinfektan.

“Rutin melakukan penyemprotan. Puskesmasnya juga terlibat. Mudah-mudahan zona hijau dipertahankan terus,” ungkapnya.

Rizal juga meminta satgas tingkat RT untuk saling berkoordinasi dan bahu-membahu dengan satgas RT lain disekitarnya.

“Kita backup-membackup, kalau isolasi di tingkat RT enggak cukup kita isolasi di Embarkasi Haji. Atau sementara pinjam ke RT atau kelurahan setempat,” tuturnya.

Sampai saat ini, lanjut Rizal, satgas masih mengacu pada data kasus aktif pekan lalu. Dimana ada lima RT berada di zona orange, 614 RT zona kuning dan lebih dari seribu RT berada di zona hijau. “Yang apsti belum ada yang masuk zona merah,” ucapnya.

Wali Kota Balikpapan itu berharap, melalui PPKM Mikro dan Kota dapat menurunkan grafik penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan.
“Ini sangat penting bagi kita, sesuai instruksi Presiden serta Mendagri. Ini juga ini demi kepentingan masyarakat bersama,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *