background img

SATGAS TERBITKAN PROKES IBADAH KENAIKAN ISA ALMASIH

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Umat Kristiani akan memperingati Kenaikan Isa Almasih pada 13 Mei 2021 mendatang, masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Sehubungan itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menerbitkan panduan Protokol Kesehatan (Prokes) penyelenggaraan ibadah.

Merujuk pada Surat Edaran (SE) Menteri Agama, dan tertuang dalam SE Wali Kota Balikpapan, 440/1715/pem, yang diterbitkan Jumat, 7 Mei 2021.

“Bagi pengurus atau pengelola rumah ibadah untuk melaksanakan ibadah maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan,” kata Kepala Satpol PP Balikpapan Zulkifli.

Pengurus tempat ibadah juga diminta agar mengatur lebih lanjut jadwal pelaksanaan ibadah dengan menerapkan sistem shift, supaya jemaatnya tidak padat.

Temasuk melakukan pembersihan disinfeksi di lingkungan gereja, menyediakan tempat cuci tangan, serta mempersingkat waktu pelaksanaan kegiatan ibadah, dengan tidak mengurangi khidmadnya ibadah.

“Kemudian membatasi jumlah pintu keluar masuk, pengawasan prokes, dan melakukan pengecekan suhu tubuh. Kemudian menerapan pembatasan jarak dan terkahir memfasilitasi kegiatan ibadah secara virtual dari rumah-rumah,” ungkapnya.

Bagi jemaat yang melaksanakan ibadah di gereja, disyaratkan harus betul-betul sehat. Menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dan tidak diperkenankan melakukan kontak fisik seperti bersalaman dan berpelukan.

Terpenting menjaga jarak antar jemaat dan menghindari berdiam berlama-lama di tempat ibadah. Jika sudah selesai diharapkan untuk bisa segera pulang.

“Bagi anak-anak yang rentan tertular penyakit dan berisiko tinggi terpapar Covid-19 dapat mengikuti ibadah secara virtual di rumah dalam bentuk pelayanan lainnya,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *