background img

SATGAS PATROLI SISIR PEMUKIMAN

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan akan memperketat pengawasan warga menjelang perayaan malam tahun baru 2021.

Patroli yang akan digelar untuk mengantisipasi kerumunan warga. Bahkan dilakukan hingga ke pemukiman warga.

Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan untuk melakukan patroli di malam pergantian tahun.
Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang untuk merayakan malam pergantian tahun.

“Kita minta agar masyarakat tidak berkerumun, karena itu sangat efektif dalam menularkan virus Covid-19,” kata Rizal kepada wartawan, Kamis (31/12).

Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan yang terus meningkat dalam beberapa pekan ini.

Salah satunya dengan mencegah adanya kerumunan orang, yang dapat menimbulkan kontak fisik, yang disebutkan sangat efektif dalam meningkatkan potensi penyebaran Covid-19.

Meski demikian, Rizal menerangkan, pihaknya tidak melarang apabila ada warga yang melakukan kegiatan menjelang pergantian tahun, asalkan dilakukan di rumah dan tidak mengundang orang lain, selain anggota keluarga yang bersangkutan.

“Kalau merayakan tahun baru di tempat tertentu atau di rumah tanpa ada mengundang orang lain hanya keluarga saja, itu tidak papa,” ujarnya.

Rizal menjelaskan, bahwasannya pihaknya juga telah menyiapkan Tim Gugus Tugas Covid-19 yang ada di kelurahan dan kecamatan untuk melakukan patroli di wilayahnya termasuk pemukiman warga, pada saat malam pergantian tahun.

Apabila ada warga yang ditemukan mengadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang, akan dibubarkan.

“Dalam upaya mencegah adanya penyebaran Covid-19, kita sudah menyiapkan tim dari kelurahan maupun kecamatan untuk melakukan pengawasan di tiap wilayah, untuk melakukan patroli untuk mengawasi kegiatan masyarakat di malam tahun baru,” pungkasnya.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *