background img

SATGAS BERI PERINGATAN PLAZA BALIKPAPAN

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan memberikan surat teguran tertulis kepada manajemen Plaza Balikpapan karena terbukti melakukan pelanggaran protokol kesehatan.

Manajemen Plaza Balikpapan dinilai sudah lalai dalam mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan Covid-19 karena telah menggelar event yang menimbulkan kerumunan orang.

“Sebenarnya ini bukan salah pengelola yang tidak dapat mengendalikan pengunjungnya, tapi yang bertanggung jawab sini adalah pengelola plaza,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan Zulkifli kepada wartawan, Senin (28/6).

Menurutnya, dalam surat teguran tertulis yang diberikan manajemen Plaza Balikpapan diminta keikhlasannya dan upaya pendisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ia menjelaskan, bahwa Tim Satgas Covid-19 sebenarnya sudah beberapa kali memberikan teguran lisan kepada beberapa mitra Plaza Balikpapan.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola agar menghentikan event yang bersifat dapat menimbulkan perubahan masyarakat yang seperti terjadi tadi malam.

Kebijakan ini akan dikembangkan ke berapa mall yang ada di Kota Balikpapan, sehingga diharapkan tidak ada event selama 14 hari dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

General Manager (GM) Mall Plaza Balikpapan Aries Adriyanto menjelaskan, pada saat pelaksanaan event terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang menimbulkan kerumunan.

Dengan kejadian tersebut sesuai dengan komitmen awal, pihaknya siap menerima sanksi yang diberikan oleh Satgas Covid-19 Kota Balikpapan.

“Memang untuk kegiatan kemarin hari pertama dan kedua itu bisa dikendalikan, namun untuk hari ketiga dan keempat itu terjadi peningkatan jumlah pengunjung karena memang tingkat antusias masyarakat yang tinggi. Kita juga menerima sanksi yang diberikan oleh pihak Satgas dan itu sebagai komitmen kami dengan apa yang sudah kami sepakati di awal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ke depannya, pihaknya untuk sementara tidak mengadakan event terlebih dahulu. Kalaupun mengadakan event itu akan dilaksanakan secara virtual karena kami memahami peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang cukup tinggi sehingga kami tidak melaksanakan event yang akan melibatkan banyak orang.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *