background img

SAMSAT DELIVERY TINGKATKAN PAD

4 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kaltim Delivery dan e-Samsat Bhabinkamtibmas resmi diluncurkan, Selasa (4/5) di Hotel Novotel Balikpapan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Gubernur Kaltim Isran Noor, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak serta Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto.

Diwawancarai usai kegiatan, Isran Noor menyebut jika hadirnya inovasi seperti ini salah satu tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjalankan tugas-tugasnya untuk membayar pajak atau tanggungjawabnya kepada negara.

“Melalui pelayanan ini, para wajib pajak tidak perlu lagi mengantre dan membawa uang tunai ke kantor Samsat. Pembayaran sudah bisa dilakukan melalui transaksi online. Diharapkan kepada semua OPD bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, tujuan kedua adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Dan alhamdulillah dalam kondisi seperti ini PAD Kaltim lebih besar dari Dana Bagi Hasil (DBH) dari pusat yang ditransfer, sekitar 60 persen,” ujarnya.

Kapolda Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak menambahkan, inovasi ini sangat penting untuk peningkatan pelayanan masyarakat.

“Kita berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ketika tidak boleh terlalu banyak aktivitas di luar rumah, kemudian tetap dituntut memberikan pelayanan maksimal maka harus dilakukan kreativitas dan inovatif,” ungkap Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Singgamata menjelaskan, ide dasar hadirnya inovasi Samsat Kaltim Delivery ini adalah ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih mudah dan cepat.

Namun tidak mengabaikan aspek keamanan dokumen. Karena petugas yang mengantar bisa ditracking, kemudian dokumen juga dilindungi dengan amplop khusus.

“Artinya, cepat mudah dan aman. Selain program prioritas Kapolri, ini juga komitmen kami agar program pelayanan publik lebih baik menggunakan aplikasi. Jadi orang bayar pajak cukup dari rumah saja,” ungkap Kombes Pol Singgamata.

Begitu juga dengan e-Samsat Bhabinkamtibmas. Pihaknya memberdayakan tupoksi Bhabinkamtibmas yang tugasnya melakukan door to door kepada masyarakat.

“Sambil dia berkunjung ke rumah-rumah, tanyakan permasalahan sosial di sana, apa ada yang bisa dibantu. Itu kita berdayakan,” ucapnya.

Pilot projek inovasi ini, lanjut Kombes Pol Singgamata, sudah dilakukan di Kukar dalam waktu dua bulan. Selama periode tersebut, PAD pajak kendaraan bermotor sampai Rp 650 juta.

“Itu dari Kukar saja. Artinya animonya sangat tinggi, baik dari segi masyarakatnya dan juga segi PAD yang bertambah. Makanya saya lapor ke Bapak Kapolda dan juga Gubernur untuk diberlakukan seluruh Kaltim,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *