background img

SAMS SEPINGGAN TETAP BEROPERASI

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Instruksi Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor perihal penghentian kegiatan masyarakat pada Sabtu dan Minggu tidak berlaku di beberapa sektor. Salah satunya adalah transportasi udara.

Sejak diterapkan Sabtu (6/2) kemarin Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan masih beroperasi seperti biasa. Dengan protokol kesehatan yang ketat.

Terkait hal itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebut jika dirinya telah membahas bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Hanya saja, untuk keputusan ada pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dengan pemerintah pusat yang dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Saya, Kapolres, Dandim, Danlanud, Danlanal, kemarin membahas itu (Bandara, Red). Sementara ini tetap beroperasi. Kita serahkan ke Provinsi dan Kemenhub yang memutuskan. Karena itu bukan wilayah kota,” kata Rizal, Sabtu (6/2) kemarin.

Sementara untuk sektor lainnya sudah di tindaklanjuti. Dalam pelaksanaannya Pangdam, Kapolda serta Gubernur cukup puas.

“Tinggal dijaga. Kami mohon masyarakat komit dengan situasi ini. Demi kebaikan kita bersama,” ujarnya.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Barata Singgih Riwahono melalui siaran pers yang diterima KPFM menuturkan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan tetap beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Ia mengaku telah melakukan rapat pembahasan untuk penerapan aturan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 bersama pihak terkait di Kalimantan Timur.

Sehingga pada keputusannya dengan merujuk ketentuan yang berlaku di Kementerian Perhubungan, Bandara SAMS Sepinggan tetap beroperasi. Namun dengan pengetatan protokol kesehatan saat berangkat maupun datang.

“Maka dari itu kami tetap mendukung upaya pemerintah dengan rutin melakukan monitoring protokol kesehatan di Bandara. Kemudian pemeriksaan dokumen hasil uji tes kesehatan oleh pihak KKP turut bersinergi dengan kami terkait teknis flow dan penyediaan fasilitas,” ungkap Barata.

Protokol kesehatan di Bandara meliputi pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk dan memasang tanda physical distancing. Bahkan seluruh tenant di Bandara juga menggunakan protokol kesehatan.

“Petugas kami akan rutin melakukan pengawasan penerapan tersebut serta secara periodik dilakukan penyemprotan disinfectan di area Bandara,” ucapnya.

Tak lupa Barata mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan penerbangan agar melampirkan hasil dokumen kesehatan negatif Covid-19. Karena dari pihak KKP akan melakukan validasi di Bandara. “Sehingga betul-betul yang berangkat maupun datang ini bebas dari Covid-19,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *