background img

SAMS SEPINGGAN RAIH PENGHARGAAN TINGKAT DUNIA

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan raih penghargaan prestisius tingkat dunia di bidang pelayanan dalam ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards 2020, yang diselenggarakan oleh Airports Council Internasional (ACI) pada 9 September 2021 lalu.

Pemberian penghargaan dilakukan secara virtual dari Montreal Canada sekaligus mengukuhkan posisi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebagai Bandara terbaik di wilayah Asia-Pasifik dengan 5-15 juta penumpang per tahun yang sebelumnya juga meraih penghargaan serupa selama empat tahun berturut-turut.

Penilaian tersebut didasarkan hasil survei Airport Service Quality (ASQ). ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Canada.

“Alhamdulillah hari ini kita berbagi kabar kebahagiaan bersama dengan teman-teman stakeholder Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, di mana pada 9 September 2021 kemarin telah dilaksanakan penyerahan awards oleh ACI yang berkedudukan di Montreal Canada secara virtual untuk menyerahkan penghargaan-penghargaan kepada Bandara seluruh dunia yang mengikuti ajang penilaian tersebut,” kata Barata Singgih Riwahono, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dalam pers rilisnya, Jumat (10/9).

Ia menjelaskan, penghargaan ini lebih difokuskan kepada customer experience di bandara-bandara yang menjadi anggota ACI. PT Angkasa Pura I (Persero). Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menjadi bagian dari kegiatan tersebut.
“Perlu diketahui ajang ini telah diikuti sejak tahun 2017 lalu dimana pada tahun itu meraih posisi terbaik kedua dalam kategori Best Airport and Region By Size diikuti tahun berikutnya pada 2018 dan 2019 meraih penghargaan serupa namun dengan posisi terbaik dalam kategori Best Airport and Region By Size,” jelas barata.
Ia menambahkan, meski di tengah pandemi tidak mengecilkan tekad jajarannya untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa Bandara. Sehingga kembali berhasil meraih penghargaan terbaik, dan tentunya dengan dukungan dari seluruh entitias Bandara.
“Maka dari itu saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para stakeholder Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang turut terlibat serta menjaga prestasi ini,” ucapnya.
Dengan pencapaian ini tentu menjadi suatu kebanggaan, namun juga tantangan tersendiri bagi managemen dan seluruh entitas Bandara untuk menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas pelayanan.
“Sehingga seluruh pengguna jasa dapat merasa nyaman dan puas dengan pelayanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan,” tandasnya.
Diketahui, total peserta yang mengikuti ajang ini sebanyak 348 Bandara di seluruh dunia. Dibagi menjadi enam wilayah, yaitu Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengahh, Afrika dan Asia Pasific terdiri dari enam kategori yakni :
1. Best Airport By Size & Region < 2 juta penumpang per tahun
2. Best Airport By Size & Region 2 – 5 juta penumpang per tahun
3. Best Airport By Size & Region 5 – 15 juta penumpang per tahun
4. Best Airport By Size & Region 15 – 25 juta penumpang per tahun
5. Best Airport By Size & Region 25 – 40 juta penumpang per tahun
6. Best Airport By Size & Region > 40 juta penumpang per tahun
Di wilayah Asia Pasific sendiri terdapat 115 Bandara dan yang mengikuti kategori Best Airport By Size dan Region 5-15 juta penumpang per tahun sebanyak 29 Bandara. Salah satunya adalah Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.
Dengan diraihnya penghargaan dari lembaga kredible bertaraf internasional menempatkan Bandara SAMS Sepinggan setara dengan Bandara-bandara terbaik tingkat dunia wilayah Asia Pasifik

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *