background img

RUDENIM BALIKPAPAN KOMITMEN WUJUDKAN ZONA INTEGRITAS

5 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebagai Satuan Kerja yang diusulkan sebagai Satker berpredikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi, Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Tahun Anggaran 2022.

Dalam membangun upaya mewujudkan pembangunan tersebut Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan meningkatkan performa dengan menciptakan inovasi yang dapat diterapkan dan bermanfaat baik di dalam maupun di luar Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan.

“Inovasi tersebut telah berjalan dengan baik di Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan sebagai wujud kesungguhan kami membuat perubahan yang signifikan,” kata Dian Widyastuti, Kepala Seksi Registrasi Administrasi dan Pelaporan dalam program talkshow di Radio KPFM Balikpapan, Selasa (21/6).

Ia menjelaskan, Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan merupakan Unit Pelaksanaan Teknis di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur dan Divisi Keimigrasian, yang menjalankan fungsi keimigrasian sebagai tempat penampungan sementara bagi orang asing yang dikenai tindakan administratif keimigrasian.

Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan mulai beraktivitas pada tahun 2006 dengan menempati salah satu bangunan Kantor Imigrasi Balikpapan. Kemudian pada tahun 2008 dibangun di atas tanah seluas 6.893 m2 milik pemerintah Kota Balikpapan. Tepatnya di Jl. Sosial Tengah Nomor 66 Lamaru, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Ia menuturkan, Rudenim Balikpapan memiliki tugas dan fungsi dalam hal pendetensian, pendeportasian, pengisolasian, dan pendeportasian atau pemulangan, dengan wilayah kerja mencakup provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Struktur organisasi Rudenim Balikpapan dipimpin oleh Kepala Rumah Detensi Imigrasi, yang membawahi 1 sub bagian tata usaha dan 3 kepala seksi, sub bagian tata usaha.

Dalam menjalankan tugas tersebut sub bagian tata usaha mempunyai 3 fungsi yang terdiri dari, melakukan urusan keuangan, melakukan urusan kepegawaian, serta melakukan urusan surat menyurat perlengkapan dan rumah tangga. Per Juni 2022 Rudenim Balikpapan memiliki jumlah pegawai sebanyak 34 orang dan 15 orang PPNPN.

Saat ini, terdapat 5 orang deteni yang didetensi di Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan, karena melanggar UU No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, dengan kasus pelanggaran overstay yang dikenakan pasal 78 UU No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan tidak memiliki dokumen perjalanan yang dikenakan UU No. 6 Tahun 2011 Pasal 119 Ayat 1. Adapun 4 orang deteni warga Negara pRusia, Maroko, Guyana dan Thailand didetensi di Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan, dan 1 orang warga Negara Jepang didetensi di luar Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan, karena kondisinya yang sedang menderita sakit stroke.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.