background img

RS RUJUKAN COVID-19 KRITIS

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Rumah Sakit (RS) rujukan untuk pasien Covid-19 di Kota Balikpapan mulai kritis. Sebab, tingkat keterisian ruang perawatan atau isolasi telah melampaui batas.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, hingga Selasa (12/1) jumlah pasien positif Covid-19 yang melakukan perawatan di rumah sakit mencapai 385 orang. Melebihi kapasitas tempat tidur yang ada.

“Perlu kita waspadai, jumlah kapasitas rumah sakit sudah di atas seratus persen. Sekarang keterisian rumah sakit 385 orang. Melebihi kapasitas tempat tidur Covid-19,” kata Rizal saat pers rilis Covid-19 di Pemkot Balikpapan.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemkot Balikpapan telah menyiapkan langkah-langkah konkrit. Terutama pembatasan kegiatan masyarakat agar kasus tidak terus melonjak.

“Kita perlu melakukan langkah-langkah, terutama pembatasan. Tapi karena masih dalam pembahasan, mungkin satu atau dua hari ini kita akan umumkan,” ungkap Rizal.

Di sisi lain, semua rumah sakit telah berkomitmen menambah ruangan untuk isolasi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Artinya tidak sampai membuka rumah sakit darurat.

“Tidak membuka rumah sakit darurat. Semua rumah sakit berkomitmen menambah ruangan. Bahkan semua sudah bergerak. Terakhir kemarin RSUD Beriman sudah menambah, dari 17 menjadi 32. Jadi diminta mengkonfersi ruangan yang ada,” ucap Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *