background img

ROMBONGAN MAXI TOURING MERDEKA LINTAS KALIMANTAN TIBA DI BALIKPAPAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan kegiatan touring masih populer, khususnya untuk para pecinta kendaraan roda dua.

Seperti yang dilakukan para biker Yamaha Maxi asal Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Mereka melakukan touring bertajuk Maxi Touring Merdeka Lintas Kalimantan.
Petualangan dimulai pada 13 Agustus 2021 lalu dari Pontianak, menuju titik kedatangan pertama di Kota Sampit, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Setelah itu rombongan bertolak ke Kota Palangkaraya, dilanjutkan Banjarmasin, Kalimantas Selatan (Kalsel) dan finish di Kota Balikpapan, Kalimamtan Timur (Kaltim).

Rombongan tiba di Kota Minyak -sebutan Balikpapan- pada Senin (16/8) dini hari sekira pukul 01.00 Wita.

Pagi harinya disambut jamuan makan bersama oleh keluarga besar Yamaha- PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) area Balikpapan di Resto Beach Nyiurku (ex Kolam Renang Banua Patra).

“Hari ini kami senang dengan adanya kunjungan dari komunitas NMax dan XMax dari Pontianak. Mereka datang dengan misi Touring Kemerdekaan Lintas Kalimantan,” kata Branch Manager Sales Kaltimtara, E Aryanto DS kepada wartawan.

Menurutnya, komunitas Yamaha sering mengadakan touring seperti ini. Tentunya dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dan keakraban antar masing-masing chapter baik itu di provinsi maupun kota.

“Kegiatan seperti ini tentu banyak manfaatnya, seperti tambah teman, saudara dan lainnya. Begitupula jika ada tim dari Yamaha Balikpapan yang berkunjung atau touring ke area lain, sambutannya juga sama selalu hangat dan ramah dari masing-masing area,” ujarnya.

Koordinator Yamaha Maxi Touring Merdeka Lintas Kalimantan, Fendy menuturkan, touring kali ini diikuti 11 orang. Memakan waktu empat hari tiga malam sampai akhirnya rombongan tiba dengan selamat di Kota Balikpapan.

“Kita berjumlah 11 orang berasal dari dua komunitas YNCI dan BMI. Seluruh perjalanan tercatat setidaknya menempuh 1.900 Km. Ini pengalaman baru buat kami. Karena biasanya kalau touring keliling Kalbar itu paling jauh dari Pontianak sampai ke utara Kalbar itu hanya kurang lebih 1.200 km satu kali jalan,” ungkap Fendy.

Selama perjalanan, lanjut Fendy, banyak pengalaman mengesankan yang didapat. Terlebih saat touring malam hari, kerena kondisi jalanan sama sekali tidak diketahui.

“Pokoknya malam kita hajar, hujan juga kita libas karena kita kejar waktu. Nah, saat itu saat salah satu rider kita ada yang trouble kendaraannya, kena lubang, knalpot patah. Di situlah brother hood kita terjalin sesama rider dan komunitas. Kalau trouble, kita pasti tunggu. Ini paling pengalaman paling berkesan,” akunya.

Dalam touring kali ini, Fendy dan kawan-kawan juga mendapat pelajaran berharga bahwa kesolidaritasan para anggota komunitas Yamaha di masing-masing kota sangat luar biasa.
Ia mencontohkan saat rombongannya tiba di Kalsel. Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 01.00 dini hari. Namun, ia dibuat terkejut lantaran masih ada teman-teman komunitas sesama Yamaha yang menyambut.
“Begitu juga saat tiba di Penajam, pukul 23.00 Wita, masih ada komunitas XMax yang menyambut. Luar biasa teman-teman komunitas setiap daerah,” sebutnya.

Ia menambahkan, perjalanan ini cukup mengesankan dan melelahkan. Tapi happy karena setiap hari berpindah dari satu provinsi ke provinsi berbeda.

“Belum lagi kesan penyambutan di setiap daerah yang kita singgah, sangat akrab dan penuh kekeluargaan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *