background img

RIBUAN IBU HAMIL IKUT VAKSINASI

3 weeks ago written by

BALIKPAPAN – Ribuan ibu hamil di Kota Balikpapan mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di BSCC Dome Balikpapan, Rabu (1/9).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud bersama Tim Satgas Covid-19 hadir meninjau kegiatan vaksinasi massal khusus ibu hamil ini.

Menurut Rahmad, kegiatan vaksinasi ini diharapkan dapat menekan angka ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dalam kegiatan ini ditarget 1.208 ibu hamil divaksinasi, dan rencananya akan terus diprogramkan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi.

“Makanya jika ada istri atau keluarga yang hamil silahkan mendaftarkan. Ini cukup baik mencegah penyebaran virus di Balikpapan,” katanya kepada wartawan.

Terkait kekhawatiran masyarakat mengenai timbulnya KIPI pasca vaksin, wali kota menyampaikan, dalam melaksanakan program ini pastinya sudah ada kajian yang dilakukan. Apalagi sejauh ini tak ada masalah terhadap ibu hamil penerima vaksin.

“Tidak usah khawatir. Sampai saat ini kan tidak ada masalah juga bagi ibu hamil. Di seluruh Indonesia bahkan dunia. Ini tugas pemerintah untuk melindungi warganya agar sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Kaltim dr Adji Triseno Sp Og (K) menambahkan, vaksin yang digunakan untuk vaksinasi ibu hamil ini adalah Moderna.

“Sebenarnya yang direkomendasikan ada tiga, Sinovac, Pfzer dan Moderna, tergantung masing-masing daerah. Kebetulan di Balikpapan yang tersedia Moderna” katanya.

Berkaitan dengan KIPI dari Moderna yang katanya lebih besar, menurutnya tak semua benar. Padahal menurutnya semua vaksin aman dan sama. Apalagi Moderna memiliki efekasi lebih tinggi dari Sinovac.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *