background img

RESESI, JANGAN PANIK

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Pandemi Covid-19 yang terus terjadi telah memberikan dampak besar pada kondisi perekonomian secara global.

Diperkirakan Indonesia akan menghadapi resesi atau krisis ekonomi pada bulan September ini.

Ryan Filbert, Praktisi & Inspirator Investasi Indonesia, Penulis Puluhan Buku Best Seller Nasional menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu panik dalam menghadapi ancaman resesi.

Menurutnya, masyarakat harus tetap tenang dalam menghadapi resesi dengan tetap menjalankan perekonomian seperti biasanya.

“Pertanyaan saya, biasanya lebih ngeri yang melakukan atau yang melihat atau mendengar? Biasanya itu yang melihat dan mendengar yang lebih ngeri dan ditambah imajinasinya. Padahal kita yang mengalami biasanya tidak seperti itu,” katanya ketika bincang di program Sarapan Pagi bersama Sherly Keiza di radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Rabu (2/9).

Menurutnya, ancaman krisis ekonomi yang seperti ini bukan pertama terjadi. Pada 2014 hingga 2015 lalu, Indonesia pernah mengalami krisis yang serupa. Padahal kondisinya juga bersamaan jadwal pemilihan Presiden, namun tetap tidak mempengaruhi kondisi yang ada.

Ia menjelaskan, yang patut dilakukan adalah masyarakat tetap melakukan aktivitas ekonomi seperti biasanya dengan memaksimalkan pendapatan yang diterima dengan pengeluaran.

“Tetaplah Anda berpendapatan dan tetaplah berpengeluaran. Jangan berpikir membantu orang dulu. Kita selamatkan diri kita dulu. Jangan pernah lupa, aturan penerbangan adalah aturan paling secure. Ketika ada suatu kejadian dahulukan diri kita dulu. Pakai masker baru membantu orang, lain meski di samping kita anak kecil,” jelasnya.

Selain mengatur pengeluaran agar menyesuaikan dengan pemasukan, Ryan juga menyarankan agar masyarakat lebih memperhitungkan dalam menentukan investasi dalam mencari pemasukan tambahan. Dengan mempertimbangkan kemampuan.

“Dalam berinvestasi kalau kita punya kemampuan untuk memasarkan, maka cari investasi yang pasif. Seperti obligasi yang sedang dipasarkan oleh pemerintah,” pungkasnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *