background img

RENOVASI PELABUHAN KAMPUNG BARU MASUK RPJMD

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan merealisasikan proyek renovasi pelabuhan kampung baru pada tahun 2022 mendatang.

Rencana ini telah dimasukan sebagai salah satu agenda dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Balikpapan 2020-2024.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, rencana renovasi pelabuhan kampung baru sebenarnya sudah lama direncanakan.
Sejak tahun 2016 lalu, pembuatan Detail Engineering Design (DED) telah selesai, namun belum bisa direalisasikan karena masih terkendala masalah anggaran.
Total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 70 miliar, yang dikerjakan secara multiyears.
Sesuai konsep awal rencana renovasi pelabuhan kampung baru ini akan mengintegrasikan atau menghubungkan dermaga dengan permukiman menggunakan jalan beton dari perkampungan atas air Jalan Sepaku dengan panjang kurang lebih 900 meter.
“Selain PJU kita juga merencanakan untuk membangun pelabuhan di kampung baru.Sebenarnya ini sudah direncanakan sejak 2016 dan sudah dibuatkan DED, cuma kan terkendala anggaran dan masih terkendala terus,” kata Sudirman kepada wartawan, Rabu (28/7).
Rencana ini, lanjut Sudirman, telah disampaikan dalam rapat pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Balikpapan Tahun 2022.
“Rencana untuk membangun pelabuhan di kampung baru ini juga sudah dimasukkan dalam RPJMD Bapak Wali Kota yang baru,” ujarnya.
Ia menambahkan, untuk tahun ini pihaknya telah menyelesaikan proyek pembangunan 1.310 PJU, yang juga merupakan salah satu visi dari Wali Kota Balikpapan yang baru, Rahmad Mas’ud.
Rencananya, setiap tahun pihaknya akan membangun sebanyak 1.000 lebih PJU di sejumlah titik di Kota Balikpapan.
“Untuk lampu penerangan jalan umum kita sudah mengadakan sekitar 1.300 di awal masa jabatan walikota Balikpapan yang baru saat ini. Selain itu, kita juga sudah membuat rencana agar membangun seribu PJU setiap tahun,” tambahnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *