background img

RENCANA PASAR INDUK MASUK RPJMD

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN -. Rencana pasar induk di Kota Balikpapan menjadi salah satu prioritas dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Periode 2021 – 2024.

Keberadaan pasar induk di Kota Balikpapan dinilai sangat penting untuk mendukung keberadaan 11 pasar tradisional yang ada, sehingga tidak terjadi perbedaan harga yang mencolok.

“Pada dasarnya, pembuatan pasar induk adalah untuk menghindari adanya keberadaan tengkulak atau ijon yang dapat menciptakan disparitas harga yang cukup besar di masyarakat,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rakhman kepada wartawan, Sabtu (20/3).

Menurut Arzaedi, rencana pembangunan pasar induk telah dimasukkan sebagai salah satu prioritas dalam penyusunan RPJMD Kota Balikpapan periode 2021-2024.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan pengkajian terhadap lokasi pembangunan pasar induk yang awalnya direncanakan dibangun di kawasan Kecamatan Balikpapan Utara, untuk dialihkan ke kawasan Kecamatan Balikpapan Timur.

“Saat ini rencana pembangunan pasar induk akan dimasukkan dalam penyusunan RPJMD berikutnya, dan sampai saat ini kita masih mengkaji kembali rencana pembangunan atau lokasi pasar induk yang awalnya memang direncanakan dibangun di Utara atau apakah akan dilaksanakan di Balikpapan Timur,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan keberadaan pasar induk ini diharapkan dapat meningkatkan jaminan kelancaran terhadap ketersediaan bahan pokok, karena memang sebagian besar bahan pokok yang ada di Kota Balikpapan berasal dari luar daerah.

“Yang kita utamakan adalah bagaimana distribusi dari bahan pokok itu lancar dulu karena memang fungsi dari pasar induk itu adalah untuk menjaga disparitas harga, agar harga yang diterapkan di pasar warga itu tidak terlalu jauh dengan harga yang ada di pasar induk, karena kalau sampai nanti harganya berbeda jauh ini akan percuma ada pasar induk,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *