background img

REFOCUSING 50 M UNTUK COVID-19

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan akan kembali melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 sekitar Rp 50 miliar.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan mengatakan, pihaknya saat ini telah menyelesaikan daftar anggaran yang akan dilakukan refocusing.
“Saat ini sedang menyelesaikan Sekda untuk disampaikan ke DPRD,” kata Rizal kepada wartawan, Rabu (31/3).

Menurut Rizal, saat ini daftar anggaran yang di refocusing telah diselesaikan dengan besaran mencapai Rp 50 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan 2021.

Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk membiayai program penanganan Covid-19, di antaranya menyangkut pengadaan peralatan kesehatan, penambahan fasilitas di RSUD Gunung Malang, penyemprotan desinfektan dan masker serta untuk menangani apabila ditemukan ada warga terdampak Covid-19 namun tidak terdata sebagai penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Termasuk membiayai program pemberian dana operasional bagi Satgas Covid-19 di tingkat RT dalam melaksanakan PPKM mikro di wilayahnya.

Sesuai rencana setiap Satgas Covid-19 di tingkat RT akan diberikan dana operasional sebesar Rp 2 juta yang terdiri Rp 750.000 berasal dari dana tidak terduga (DTT), sedangkan untuk sisanya sebesar Rp 1.250.000 itu menunggu refocusing anggaran.

“Untuk yang Rp 750.000 kita akan distribusikan lebih dahulu kemudian setelah refocusing maka kita akan bayar lagi yang Rp 1.250.000, ” ujarnya

Ia menambahkan dalam pelaksanaan refocusing anggaran, pemerintah kota hanya sekadar menyampaikan dan tidak perlu pertimbangan dari DPRD.

“Untuk anggaran refocusing ini kita tidak meminta pertimbangan dari dewan, hanya sekedar disampaikan saja,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *