background img

REFLEKSI AKHIR TAHUN DENGAN BERSYUKUR

5 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Beberapa hari lagi akan berganti tahun menjadi 2021. Apakah pada 2020 ada yang belum terlaksana? Tentang resolusi akhir tahun hingga ketaatan dalam beribadah ini disampaikan oleh Ustadz Nasrul Hamdi, Lc dalam tausiyah singkatnya di Program Sajadah radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan yang dipersembahkan Dompet Dhuafa Kaltim, Jumat (25/12).

Ustadz Nasrul menyampaikan bahwa kita harus melakukan evaluasi atau muhasabah diri. “Agar kita bisa merefleksikan diri di akhir tahun ini, perlu melakukan evaluasi diri. Suatu perusahaan atau pelaku bisnis wajib melakukan evaluasi agar tidak terjadi banyak kerugian. Jadi, untuk manusia pun juga perlu evaluasi.

Jangan hanya mencari kenikmatan dunia saja tanpa diimbangi dengan bekal untuk di akhirat nanti. Cara yang mudah agar bisa imbang antar mencari dunia dan akhirat yaitu dengan mengingat kematian,” tuturnya.

Bersyukur merupakan cara lain untuk merefleksikan diri di akhir tahun ini. Selama masa pandemi Covid-19 ini banyak hal yang berubah. Mulai dari rasa aman yang tidak bisa dirasakan karena harus berdampingan dengan virus Corona yang ada di mana-mana, sehingga punya kebiasaan baru selama pandemi ini.

Nasrul mengatakan bahwa manusia adalah makhluk yang lemah. Sehingga bersyukurlah jika kita memiliki tubuh yang sehat terlebih di masa sulit ini. “Bahkan bisa memiliki makanan yang bisa dimakan setiap harinya juga wajib kita syukuri, karena di luar sana masih banyak yang tidak bisa makan,” ujarnya.

Bahagia itu sederhana. “Bersyukur merupakan cara yang paling mudah dilakukan agar kita merasa bahagia dengan kondisi apapun. Apalagi jika kita terus melakukan hal baik, maka kebaikan akan terus datang kepada kita,” tutupnya.

Sesil/kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *