background img

RAZIA MASKER SASAR PERKAMPUNGAN

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan mengalihkan kegiatan razia masker ke wilayah perkampungan untuk mengantisipasi kenaikan penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan efektivitas penerapan disiplin protokol kesehatan di masyarakat.

“Kota Balikpapan sekarang sudah zona orange, ini membuktikan bahwa razia masker yang selama ini efektif dalam menurunkan perkembangan jumlah kasus Covid-19,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, untuk lebih meningkatkan efektivitas penerapan protokol kesehatan di masyarakat, pihaknya akan mengalihkan lokasi razia masker yang selama ini dilakukan di jalan-jalan protokol ke wilayah perkampungan.

Hal ini dilakukan juga untuk menindaklanjuti laporan perkembangan jumlah kasus Covid-19 di beberapa perumahan, di antaranya Perumahan Graha Indah yang hampir setiap hari mengalami peningkatan.

Ia menjelaskan, pihaknya juga akan terus mengefektifkan pelaksanaan jam malam untuk menghindari ada kerumunan orang yang dapat berpotensi menimbulkan ancaman penyebaran Covid-19.

Menurutnya, berdasarkan arahan dari Kementerian Dalam Negeri, bahwa setiap kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan harus ditutup pada pukul 22.00 Wita.

“Sebenarnya secara aturan bisa saja kita memilah-milah usaha yang bisa buka sampai malam, tapi kan kita tidak bisa membuat secara rinci sektor usaha mana yang diperbolehkan untuk buka sampai malam,” jelasnya.

Kebijakan untuk menutup seluruh sektor usaha yang melakukan kegiatan di malam hari dengan berbagai pertimbangan.

“Karena kalau kita hanya menutup sebagian yang ramai, maka beberapa titik yang masih buka itu akan menjadi potensi keramaian yang baru, makanya kita tutup semua,” ungkapnya.

Tidak hanya mematuhi aturan jam malam, menurutnya, pemilik usaha juga wajib mematuhi kewajiban untuk menjaga protokol kesehatan dengan mengawasi setiap orang yang ada di sekitar areal usahanya untuk selalu menggunakan masker serta menyediakan tempat cuci tangan dan mengantisipasi terjadinya kerumunan orang.

(MAULANA/ KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *