background img

RATUSAN PENUMPANG KAPAL DAN PEKERJA PELABUHAN DIVAKSIN

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ratusan penumpang dan pekerja di lingkungan Pelabuhan Semayang Balikpapan mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19, Jumat (18/2).

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim yang bekerjasama dengan sejumlah asosiasi di antaranya Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia/Indonesian Logistics Forwarders Association (ALFI/ILFA), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dan Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI).

“Hari ini merupakan kegiatan vaksinasi presisi yang digagas oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Timur. Ini merupakan penyebaran arah kebijakan pemerintah Bapak Jokowi, untuk menggelar dan meningkatkan capaian masyarakat dalam herd immunity,” kata
Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Sony Irawan kepada wartawan di sela-sela kegiatan vaksinasi di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jumat (18/2).

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya menyasar untuk pemberian vaksin booster bagi pekerja di lingkungan Pelabuhan Semayang, namun bagi masyarakat sekitar yang ingin mendapatkan vaksin juga akan dilayani.

Selain pekerja pelabuhan, pihaknya juga memberikan vaksin kepada penumpang kapal yang tiba di Pelabuhan Semayang, tidak hanya booster tapi juga vaksin kedua.

“Hari ini kita melaksanakan vaksin booster, tapi bukan hanya booster saja tapi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin dapat mengikuti kegiatan ini. Sasaran kita adalah di wilayah Pelindo dan saat ini ada beberapa asosiasi di antaranya ALFII, APRINDO, APBMI, dan juga penumpang dari kapal yang belum dipaksain kita akan berikan vaksin,” terangnya.

Ia menerangkan bahwa untuk kegiatan kali ini, pihaknya menargetkan akan memberikan vaksin sebanyak 500 hingga 1000 vaksin. Untuk jenis vaksin yang digunakan adalah Astra Zeneca.

“Kami memiliki cukup banyak juga sehingga kalau ada masyarakat yang datang minta untuk divaksin dapat terlayani,” terangnya.

Ketua APBMI Kota Balikpapan Johny mengatakan bahwa dalam kegiatan ditargetkan sebanyak 300 orang antaranya sopir truk, buruh bongkar muat, dan pekerja lainnya ada di lingkungan pelabuhan Semayang.

“Untuk saat ini sebagian besar bekerja yang ada di lingkungan pelabuhan Semayang sudah mengikuti vaksin hingga dosis kedua, Jadi mereka hanya tinggal diberikan dosis booster,” jelasnya.

Ia menerangkan bahwa vaksinasi ini merupakan syarat yang diwajibkan kepada seluruh pekerja yang ada di lingkungan pelabuhan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.