background img

RAPID ANTIGEN ACAK JALUR DARAT

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyiapkan beberapa titik pengetesan rapid antigen secara acak bagi pendatang atau masyarakat yang masuk melalui jalur darat.

Hal itu menyusul jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Balikpapan dengan KTP luar daerah meningkat. Seperti yang terjadi pada Senin (18/1) kemarin. Dari 154 kasus, terdapat 31 di antaranya warga luar daerah.

Satgas Penanganan Covid-19 pun sedang mencermati, apakah warga luar daerah yang terpapar tersebut masuk melalui jalur darat, laut atau udara.

Namun, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyebutkan jika jalur udara seharusnya tidak lagi terjadi karena sudah cukup ketat.

Pihaknya pun menyoroti jalur laut maupun darat. Karena itu, nantinya akan dilakukan pengetatan dengan menerapkan rapid antigen bagi mereka yang masuk Kota Balikpapan.

“Ini lagi dipersiapkan, nanti kita ada pos penjagaan baik untuk jalur laut dan darat. Mungkin untuk darat nanti posnya di Km 23 dan di Balikpapan Timur,” kata Rizal, Senin (18/1) kemarin.

Adapun mekanismenya, bagi masyarakat yang masuk ke Kota Balikpapan akan dilakukan pemeriksaan rapid antigen secara acak.

“Tidak seluruhnya. Kita akan acak, karena memerlukan waktu dan petugas. Dan tidak setiap hari, jadi sewaktu tertentu kita lakukan penjagaan di pos,” ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu.

Mereka yang nantinya terjaring atau reaktif melalui hasil pemeriksaan, dipastikan tidak bisa masuk ke wilayah Kota Balikpapan. “Kalau reaktif tidak diperkenankan masuk,” tegasnya.

Rizal memastikan, kebijakan rapid antigen bagi pelaku perjalanan darat ini tidak dipungut biaya alias gratis. “Iya gratis. Kita upayakan minggu ini sudah berjalan, jika memang semua sudah siap,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *