background img

RAPID ANTIGEN ACAK DI KLANDASAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pangdam Vl Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto bersama Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan menggelar operasi pendisiplinan protokol kesehatan pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Minggu (31/1).

Pasar tradisional Klandasan di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota (Balkot) dan tempat-tempat di sekitarnya menjadi lokasi operasi gabungan tersebut.

Pangdam didampingi Dandim 0905 Balikpapan Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, dan sejumlah pejabat lainnya.

Sekira pukul 09.30 Wita, Mayjen TNI Heri Wiranto bersama rombongan meninjau ke dalam pasar sambil membagikan masker. Selanjutnya kembali ke area parkir utama pasar untuk melihat pelaksanaan rapid test antigen acak kepada pedagang serta pengunjung pasar.

“Pagi hari ini kita bersama-sama bapak Wali Kota Balikpapan dan tokoh masyarakat menggiatkan operasi pendisiplinan, bahwasannya Covid-19 pini masih ada disekitar kita. Dan kita harus besama-sama menjaga agar penyebarannya tidak semakin banyak,” kata Pangdam kepada wartawan.

Untuk itu, Mayjen TNI Heri Wiranto mengimbau kepada masyarakat agar selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Khususnya empat M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Tentu kalau masyarakat tidak disiplin akan jadi permasalahan khususnya peningkatan kasus Covid-19. Untuk itu kita adakan kegiatan pembagian masker, pelaksanaan rapid test antigen dan mengimbau masyarakat, mari kita sama-sama melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Pemerintah sendiri, lanjut Pangdam, sudah mengambil beberapa langkah untuk memutus rantai penyebaran kasus Covid-19. Termasuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama kepada tenaga medis yang kemudian akan dilanjutkan ke seluruh masyarakat umum.

“Saya pun sudah divaksin, dan saya menjadi orang pertama di Kaltim. Jadi saya berharap masyarakat selalu menjaga kesehatannya masing-masing, baik dengan berolahraga, istirahat yang cukup dan hindari hal-hal yang dapat merugikan,” imbuhnya.

Dandim 0905 Balikpapan Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan menambahakan, pada giat ini pihaknya membagikan sebanyak 3.000 masker kepada masyarakat.

Kemudian melaksanakan rapid antigen secara acak bagi pedagang dan pengunjung pasar untuk mengetahui kondisi kesehatan.

“Besok kita juga akan laksanakan di wilayah Balikpapan Utara, berikutnya Balikpapan Barat dan akan kembali ke Balikpapan Timur. Akan berputar terus selama 10 hari, kita gencarkan secara masif di semua wilayah Kota Balikpapan,” ungkapnya.

Ia berharap, operasi ini mampu mengingatkan kita bersama untuk lebih peduli sehingga angka terkonfirmasi positif di kota Balikpapan bisa segera menurun. “Mudahan bisa menurunkan angka terkonfirmasi positif yang saat ini masih cukup tinggi di Kota Balikpapan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *