background img

RAPERDA PENATAAN PKL MULAI DIBAHAS

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan mulai melakukan pembahasan untuk menyusun Rancangan Peraturan Daerah tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Balikpapan Andi Arif Agung mengatakan, penyusunan Raperda ini bertujuan untuk memberdayakan keberadaan PKL sebagai salah satu program untuk pengembangan potensi Pendapatan Asli Daerah.

Dengan memberikan pembinaan kepada para PKL khususnya pedagang kuliner, untuk ditata keberadaan agar menjadi salah satu ikon baru bagi Kota Balikpapan, yang berpotensi menjadi sumber destinasi wisata.

“Ke depannya, kita ingin mempunyai produk unggulan salah satunya adalah kuliner. Kalau kita berbicara tentang sektor kuliner, kita berbicara tentang penataan bukan hanya penataan pada PKLnya, tapi juga penataan pada kawasan termasuk juga dalam hal pembinaan PKL,” ujarnya.

Dengan adanya, Reparda ini diharapkan dapat menjadi payung hukum bagi pemerintah dalam memfasilitasi para PKL khususnya pedagang kuliner dalam hal penyediaan fasilitas atau lokasi yang berjualan.

“Dengan Perda ini, kita bisa menyediakan tempat-tempatnya serta fasilitasnya dapat kita perbaiki, untuk meningkatkan posisi Kota Balikpapan dalam memberikan ikon yang baru, yakni dalam hal pengembangan wisata kuliner,” ujarnya.

Dengan program ini, diharapkan akan memberikan dampak pada kehidupan masyarakat dalam hal peningkatan kesejahteraan khususnya dalam peningkatan kapasitas UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) agar bisa terus berkembang.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *