background img

RAHMAD MINTA TENAGA LOKAL DIPRIORITASKAN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud berencana bertemu langsung dengan Kepala Otorita IKN untuk meminta data kebutuhan tenaga kerja yang akan dilibatkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu dilakukan untuk menyikapi pernyataan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengerahkan 150 ribu sampai 200 ribu pekerja untuk membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2023.

Rencananya beberapa pekerjaan untuk persiapan pembangunan Ibu Kota Nusantara akan dimulai pada semester II 2022.

“Ini kan baru informasi, secara turun kita nanti akan minta data detailnya, apakah benar itu akan ada 200 ribu pekerja yang akan masuk untuk kegiatan di IKN,” kata Rahmad ketika diwawancarai wartawan di Balai Kota Balikpapan, Kamis (9/6).

Rahmad berharap Kota Balikpapan sebagai kota penyangga dapat berperan aktif dalam proses pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Kita berharap sebagai kota penyangga, kita harus berperan aktif juga dalam pembangunan di sana. Di sisi lainnya, kita juga berkomunikasi untuk bisa memanfaatkan pekerja lokal yang bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan IKN,” ujarnya.

Ia mengungkapkan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Badan Otorita IKN untuk meminta data terkait kebutuhan yang diperlukan untuk pembangunan IKN, termasuk memastikan secara akurat, apakah benar akan ada 200 ribu pekerja yang akan dilibatkan dalam pembangunan IKN termasuk bidang apa saja yang akan dilibatkan.

Rahmad menambahkan, dalam mempersiapkan pekerja lokal, pihaknya juga mengalokasikan anggaran untuk pembiayaan pelatihan pekerja lokal yang di BLKI Kota Balikpapan.

“Kita akan mempersiapkan anak-anak kita, kita punya BLK, ada ITK, ada Poltekba. Nanti kita akan berkomunikasi langsung dengan kepala otorita IKN, kita akan upgrade apa-apa saja yang akan diperlukan, jangan sampai putra putri Kalimantan Timur hanya menjadi penonton di rumahnya sendiri. nanti di APBD Perubahan, kita akan mengalokasikan anggaran melalui BLK provinsi untuk peningkatan dan pelatihan,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.