background img

RAHMAD AJAK ZAKAT UNTUK TAMBAH KEIMANAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengajak agar masyarakat memenuhi kewajiban untuk membayar zakat selama bulan suci Ramadan.

Karena zakat mampu meningkatkan keimanan seseorang, sebab dalam setiap harta yang dimiliki terdapat harta orang berhak di dalamnya.

“Zakat itu wajib, kalau warga itu taat pajak, zakat wajib,” kata Rahmad ketika diwawancarai wartawan usai menunaikan pembayaran zakat di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (25/4).

Zakat berperan menaikkan derajat umat bisa dilihat dari sisi kelompok yang mampu atau memiliki kewajiban membayar zakat dan sisi kelompok yang menerima zakat atau tidak mampu.

Dari sisi muzakki, zakat bisa mendorong penguatan keimanan masyarakat dan munculnya semangat solidaritas sosial yang tinggi.

Semangat solidaritas ini sebetulnya salah satu nilai luhur dari kemanusiaan.

Dari sisi mustahik, zakat membantu meningkatkan keimanan mustahik. Keyakinan bahwa ukhuwah dan kepedulian menjadi suatu realitas yang dapat mereka lihat dan nikmati.

“Saya mengimbau kepada kita semua agar memanfaatkan momen Ramadan ini, untuk bersedekah khususnya berzakat, zakat mal jangan lupa. Hal ini menambah keimanan kita yang tentunya, seperti kita ketahui harta yang dititipkan kepada kita harta orang yang berhak di dalamnya. Termasuk zakat mal yang ada di dalamnya,” ungkapnya.

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Balikpapan Sarjono mengatakan, pihaknya selalu mengedepankan prinsip transparansi dalam pengelolaan amil zakat, dengan selalu mempublikasikan dana yang berhasil dikumpulkan.

“Untuk ASN itu untuk zakat dipotong tiap bulan. Untuk perolehan zakat dari ASN ini standar saja, kalau gaji naik baru naik, sekitar Rp 300 juta per bulan,” ujarnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.