background img

QUICK RESPONSE 110 RESMI BEROPERASI

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Quick Response 110 Polresta Balikpapan resmi beroperasi, setelah sebelumnya selama tiga bulan dilakukan uji coba. Hasil evaluasi, layanan tersebut berjalan maksimal.

Selasa (10/8) layanan tersebut dilauncing oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak. Ditandai dengan pelepasan personel Quick Response 110 under ten minutes di depan Mako Polresta Balikpapan.

Dalam sambutannya, Kapolda mengatakan jika Quick Response 110 akan merespon laporan masyarakat dan tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kurang dari 10 menit.

“Hari ini secara resmi melepas pelaksanaan Quick Response 110 Polresta Balikpapan di bawah 10 menit sampai ke TKP. Harapannya, apa yang dipersiapkan selama dua hingga tiga bulan bisa membantu masyarakat ketika membutuhkan bantuan Polisi,” kata Kapolda.

Jenderal bintang dua itu meminta kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai solusi permasalahan yang dihadapi. Namun, Kapolda berpesan untuk tidak iseng menelepon 110 padahal tidak ada kejadian.

“Yang menemukan masalah apapaun silahkan hubungi 110. Maka akan merespon dengan cepat dan mudahan bisa membantu permasalahan masyarakat dengan cepat juga. Tapi saya minta masyarakat jangan cuma iseng menelepon,” ujarnya.
Hasil evaluasi, lanjut Kapolda, Quick Response 110 Polresta Balikpapan sudah berjalan maksimal. Di samping itu, masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan, namun setidaknya ada solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan problem di masyarakat.
“Contohnya masyarakat melapor ada ular, polisinya datang ke TKP anggota patroli akan melapor ke comand center bahwa yang dihadapi itu ular, kami perlu menghubungi yang mampu mengatasi ular seperti BPBD. Jadi tidak selalu polisi menyelesaikan masalah, karena polisi bukan malaikat,” tuturnya.
Kapolda menambahkan, layanan Quick Respon 110 Under 10 Minutes ini merupakan program yang cukup ambisius.

“Baru Polresta Balikpapan yang secara terbuka menjanjikan merespon panggilan masyarakat bawah 10 menit. Ini tentu perlu keberanian. Semoga ini bisa dicontoh oleh kepolisian lain di wilayah Kaltim,” harapnya.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi menyebut, untuk menunjang layanan cepat tanggap ini, Polresta Balikpapan juga menyiapkan sejumlah perangkat dan personel.

Mulai dari command centre, 12 mobil patroli, 70 motor patroli dan 71 personel yang selalu stand by 24 jam dalam tiga shift. “Kepolisian juga membuat sejumlah titik wilayah patroli. Jarak dari satu titik ke titik maksimal itu 10 menit,” ucap Turmudi.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengapresiasi gebrakan Quick Respon 110 Under 10 Minutes yang diluncurkan oleh Polresta Balikpapan ini. “Semoga layanan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Balikpapan,” tandas Rahmad.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *