background img

PUSKESMAS DISIAGAKAN SELAMA LIBUR PANJANG

12 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menyiagakan seluruh Puskesmas yang ada untuk mengantisipasi libur panjang selama 5 hari di akhir bulan Oktober 2020 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti selaku Juru Bicara Gugus Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan mengatakan, upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di tempat wisata memasuki massa libur panjang dalam rangkaian cuti bersama.

“Rencana untuk rapid test sudah kami siapkan. Puskesmas kami pakai agar masyarakat lebih mudah menjangkau,” katanya ketika diwawancarai wartawan.

Menurutnya, Satgas Covid-19 Balikpapan telah memberikan imbauan kepada masyarakat agar melakukan protokol kesehatan dan kalau bisa tetap di rumah saja.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi dampak yang terjadi akibat libur panjang tersebut, Satgas telah menyiapkan program 3 T yakni melakukan tracing, testing, dan treatment. Termasuk menyiapkan fasilitas Rapid Test di seluruh Puskesmas.

Salah satu tempat wisata yang paling diwaspadai adalah Pantai Manggar. Pasalnya, tempat wisata ini merupakan lokasi yang biasanya selalu ramai dipadati pengunjung, tidak hanya dari Balikpapan tapi juga dari luar daerah.

Sehingga Satgas Covid-19 telah menyiapkan tim untuk mengawasi secara langsung proses penerapan protokol kesehatan di lokasi tempat wisata termasuk juga menambah relawan di sekitar wilayah wisata pantai yang tersebar di Balikpapan Timur.

“Di pantai swasta juga akan ditambah, komandannya ada di Pak camat,” pungkasnya.

(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *