background img

PUBERTAS PUNGUT SETENGAH TON SAMPAH

4 years ago written by

BALIKPAPAN – Kegiatan Sapu Bersih Tuntas (Pubertas) garapan Komunitas Earth Hour (EH) Balikpapan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional berhasil mengumpulkan sampah sebanyak setengah ton lebih, Minggu (25/2).

Sampah tersebut dikumpulkan dari beberapa titik yang tersebar di sejumlah wilayah Kota Balikpapan, yang menjadi rute kegiatan peduli kebersihan kota itu.

“Kegiatan berlangsung kurang lebih tiga jam, dari pukul 09.00 Wita sampai 12.00 Wita. Rutenya dari Taman Bekapai dan selesai di pantai yang berada di kawasan belakang Plaza Balikpapan. Ke kawasan pantainya lewat gang yang berada di seberang Bank Mandiri, jalan Jenderal Sudirman. Selama perjalanan, teman-teman memungut sampah,” ujar Koordinator Kota EH Balikpapan Jennifer Annisa kepada KPFM, usai kegiatan tersebut.

Untuk diketahui, Pubertas merupakan aksi pungut sampah yang digelar EH. Tujuannya agar sampah yang tersebar di Kota Balikpapan berkurang. Sehingga citra kota sebagai Kota Bersih selalu terjaga.

“Ada 16 organisasi dan komunitas yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ada sekitar 600 kilogram sampah yang berhasil dikumpulkan dan tersebar di beberapa tempat. Ada yang bercampur dengan tanah dan becek, seperti di parit di Taman Bekapai. Dari jumlah tersebut, 70 persen plastik, selebihnya sisa kemasan seperti kaleng,” jelas koordinator yang akrab disapa Jeni itu.

Bagi Jeni, persoalan sampah yang masih tersebar di beberapa wilayah kota ini dinilai berkontribusi terhadap datangnya banjir. “Kalau sampahnya di parit seperti di Taman Bekapai itu, kan pengaruhnya bisa banjir. Karena sampah dapat menghambat aliran air dalam parit,” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan bersih-bersih memungut sampah dengan nama Pubertas ini pertama dilakukan, dan merupakan wujud kesadaran pemuda Balikpapan terhadap kebersihan lingkungan. Sampah yang berhasil terkumpul tersebut pun dibawa ke TPA Manggar, Balikpapan Timur. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *