background img

PTM MASIH TANDA TANYA

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Kota Balikpapan berpotensi ditunda. Menyusul adanya sinyal perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level empat. Kepastiannya akan diumumkan Senin besok, 6 September 2021.

“PTM akan ada peninjauan lagi ini. Kita akan lihat, karena Balikpapan masih di level empat. Diperpanjang sampai tanggal 20 September,” kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud saat ditemui di Pemkot Balikpapan, Minggu (5/9) sore.

Meski demikian semua kemungkinan masih bisa saja terjadi. Sebab Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) belum diterima oleh Pemkot Balikpapan.

Artinya, kepastian boleh atau tidaknya digelar PTM terbatas akan dilihat setelah instruksi teraebut turun. Apakah ada perubahan aturan, atau masih sama dengan yang berlaku hingga Senin besok.

“Instruksi dari Mendagri belum turun, mungkin nanti malam. Kita akan lihat isi Inmendagrinya apakah ada perubahan. Jadi, kita tetap berlakukan PPKM Level empat,” ungkap Rahmad.

Sebelumnya Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memang berencana menggelar simulasi PTM terbatas untuk tingkat SD dan SMP.

Namun, itu bakal dilakukan jika setelah 6 September 2021 status PPKM Level empat di Kota Balikpapan turun atau tidak lagi diperpanjang.

“Nanti saat kita masuk level 3 akan dilakukan simulasi PTM terbatas selama satu bulan untuk SD dan SMP,” kata Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin baru-baru ini.

Jika dilihat dari kebijakan sebelumnya, PTM terbatas hanya boleh digelar di wilayah PPKM level tiga. Aturan itu tertuang dalam Inmendagri Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level empat, Level tiga, Level dua Corona Virus Disease 2019.

Dalam Inmendagri tersebut dijelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan pada wilayah dengan kriteria level tiga dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) berdasarkan SKB empat Menteri.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *