background img

PTM MASIH MEMUNGKINKAN

5 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin mengatakan bahwa pembelajaran tatap muka atau PTM masih memungkin untuk dilaksanakan.

Pelaksanaan PTM tersebut dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan perkembangan Covid-19 yang saat ini masih dalam status Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 20 Juli 2021 mendatang.

“Sekarang kan sedang jadwal masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Tanggal 15 Juli 2021 merupakan hari pertama tahun ajaran 2021-2022. Sambil lihat perkembangan kasus Covid-19 yang ada juga. Kalau melandai bisa saja PTM di zona kuning dan hijau,” katanya ketika wawancarai wartawan di sela-sela kegiatan vaksinasi siswa di SMPN 5 Kota Balikpapan, Rabu (14/7).

Muhaimin menjelaskan, pihaknya tidak akan menggelar simulasi kembali jika PTM bisa dilakukan. Karena Disdik sudah melakukan dua kali simulasi sebelumnya. Sehingga semua sekolah sudah memiliki prosedur tetap protokol kesehatan. Semua guru juga sudah mendapatkan vaksin hingga tahap kedua.

“Sekolah sudah punya SOP jika PTM terbatas dibuka. Jadi tidak perlu simulasi lagi. Sudah ready protapnya. Semua para guru juga sudah divaksin. Orang tua tidak perlu khawatir soal hal itu,” jelasnya.

Menurut Muhaimin, pembelajaran tatap muka merupakan keinginan sebagian besar orang tua siswa. Namun hal itu belum bisa terlaksana mengingat kondisi perkembangan Covid-19 terus meninggi. Bahkan kota ini sudah berstatus zona merah Covid-19 karena kasus positifnya yang melonjak cukup tinggi.

“Kita tunda PTM karena pandemi masih meninggi. Sudah ada juga edarannya soal PPKM darurat dari pemerintah. Jadi tentu tidak ada pembelajaran tatap muka,” tuturnya.
Muhaimin menambahkan pihaknya akan meneruskan kegiatan belajar mengajar secara daring seperti yang sudah dilakukan setahun terakhir. Dimana tahun ajaran 2021-2022 dimulai pada 15 Juli ini. Meski begitu Disdik tetap membuka kemungkinan adanya PTM di sekolah jika kondisi kasus Covid-19 melandai. Termasuk saat ada daerah yang berstatus zona kuning dan hijau.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *