background img

PROGRAM BPJS GRATIS KURANG SOSIALISASI

9 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN -. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menilai pelaksanaan program penyediaan BPJS Kesehatan gratis kurang maksimal disosialisasikan ke masyarakat.
Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang tidak tercover program BPJS Kesehatan gratis.
Anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan Parlindungan mengatakan, berdasarkan hasil reses di empat kelurahan di Balikpapan Selatan, ditemukan masih banyak warga yang belum tercover program BPJS Kesehatan gratis.
Menurut Parlindungan, sebagian masyarakat tidak mau dimasukan program BPJS Kesehatan gratis, karena takut diminta melunasi tunggakan.
Misalnya ada warga yang menunggak iuran kepesertaan BPJS Kesehatan sampai 5 tahun. Mereka takut ketika mendaftarkan diminta harus membayar tagihan yang selama 5 tahun itu.
Padahal sesuai aturan yang dibayar itu kan cuma 2 tahun. Bahkan bisa dicicil dan kartunya langsung aktif.
“Ternyata ketika reses seperti ini banyak masyarakat yang belum menerima informasi secara akurat, yang jelas dan benar. Informasi tersebut ternyata tidak sampai ke semua lapisan masyarakat hanya sampai di level tengah,” kata Parlindungan kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Balikpapan, Selasa (29/3).
Menurut Parlindungan,
Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Kota sebagai yang punya program harus bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam mensosialisasikan informasi tersebut. Agar manfaat program ini dapat dilaksanakan maksimal.
Selain itu, ada juga masyarakat yang ingin mengaktifkan BPJS-nya tapi karena kondisi pandemi Covid-19 tidak dilayani secara langsung, sehingga harus mendaftar secara online dan saat itu jaringannya susah. Akhirnya mereka enggan mendaftarkan diri. Dan baru kelimpungan ketika ada anggota keluarga yang sakit untuk mengurus BPJS Kesehatan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.