background img

PRAJURIT KODAM GAGALKAN PENYELUNDUPAN 3 KILO SABU MALAYSIA

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Prajurit Kodam VI/Mulawarman yang tergabung dalam Tim 1 SGI dan bertugas di perbatasan RI-Malaysia berhasil menggagalkan penyelundupan tiga kilogram narkoba jenis sabu-sabu, Minggu siang (6/2).

Pengungkapan itu terjadi tepatnya di Desa Aji Kuning RT 01 Kecamatan Sebatik Tengah, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Barang haram tersebut diperkirakan berasal dari negara tetangga, Malaysia.

Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman Kolonel Inf Taufik Hanif menjelaskan, pengungkapan berawal dari Briptu Iswandi anggota Pospol Aji Kuning Polsek Sebatik Barat yang mendapat informasi dari masyarakat.

“Ada informasi dari masyarakat bahwa mereka melihat seorang pria mencurigakan berjalan kaki menuju Jalan Mulawarman, Desa Aji Kuning RT 01 Kecamatan Sebatik Tengah,” kata Taufik dalam keterangan persnya, Senin (7/2).

Masyarakat juga menduga jika pria tersebut warga negara Malaysia. Karena sempat terlihat dan turun di pelabuhan atau pangkalan darurat Tanah Merah di wilayah Sebatik-Malaysia.

Dari informasi tersebut, diadakanlah koordinasi antara Briptu Iswandi dan Sertu Syarifuddin (anggota TIM 1 SGI). Selanjutnya mereka berbagi tugas untuk melakukan penutupan jalan dari pangkalan darurat Tanah Merah di wilayah Sebatik-Malaysia.

“Jadi ini kerja sama antara prajurit Kodam dengan Pospol, dan melakukan pengejaran kepada terduga pelaku,” ujar Taufik.
Sekira pukul 11.25 Wita, Briptu Iswandi dan Sertu Syarifuddin berangkat menuju sasaran tersebut dengan jalur yang berbeda. Sampai di TKP,  petugas bertemu dengan orang yang dicurigai tersebut.

Sayangnya, pria yang belum diketahui identitasnya itu sadar jika dirinya diikuti. Dia pun langsung membuang tas jinjing yang dibawanya dan melarikan diri ke dalam perkebunan sawit.

“Saat ini tersangka dalam pengejaran oleh aparat. Petugas telah memegang ciri-cirinya, berambut pendek sedikit botak, tinggi kurang lebih 160-170 cm, memakai celana pendek, baju kaos lengan pendek abu-abu dan warna kulit putih,” ungkapnya.
Tim 1 SGI bersama anggota Pospol Aji Kuning selanjutnya kembali ke TKP awal untuk melakukan pencarian barang bukti.

Hasil pencarian didapatkan tiga bungkus narkoba jenis sabu seberat total tiga kilogram.

Barang bukti lainnya, dua unit handphone, satu buah tas loreng, satu buah sandal, satu buah payung, dan satu jaket berwarna biru. “Untuk barang bukti saat ini diserahkan ke Polsek Sebatik Barat untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.