background img

PPKM MIKRO TETAP BERLANJUT

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Meski telah terjadi penurunan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19, Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan tetap melanjutkan jadwal Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Kebijakan itu mengikuti Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang memutuskan untuk memperpanjang kembali jadwal PPKM skala mikro ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan mulai 9 Maret hingga 22 Maret 2021.

“Sesuai arahan dari pusat bahwa PPKM Mikro akan diperpanjang, nanti juga kita akan memperpanjang PPKM mikro paling tidak sampai akhir Maret ini,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Satuan Tugas Covid-19 Kota Balikpapan kepada wartawan, Rabu (10/3).

Menurut Rizal, berdasarkan evaluasi yang dilakukan selama penerapan PPKM skala mikro beberapa pekan, dianggap lebih efektif dalam menekan perkembangan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19.

Hal itu terlihat dari data yang ada di tiap kelurahan yang ada, yang menunjuk penurunan jumlah kasus penurunan terkonfirmasi Covid-19 di kota Balikpapan

Saat ini, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, dari sejumlah wilayah memang sudah tidak ada lagi wilayah di Kota Balikpapan yang masuk dalam zona orange, dan sebagian besar wilayah sudah berada di zona kuning bahkan hijau.

“Jadi saya kira penerapan PPKM mikro yang selama ini sudah diberlakukan sudah efektif menekan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 dan tidak hanya itu penerapan PPKM mikro yang sudah dilaksanakan dalam beberapa pekan ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa penerapan PPKM mikro, selain telah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di wilayahnya, juga telah meningkatkan kepedulian sesama warga kepada warga yang terkonfirmasi Covid- 19 ketika harus menjadi isolasi mandiri.

“Kepedulian masyarakat juga meningkat, kalau ada yang terkena, mereka saling membantu untuk yang sedang menjalankan isolasi mandiri,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *