background img

PPKM MIKRO EFEKTIF TEKAN KASUS

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro sudah memasuki empat pekan.

Sejauh ini pelaksanaannya berjalan lancar. Hasil evaluasi pun cukup efektif dalam menekan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Balikpapan.

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, dari total 1.684 RT di Balikpapan hanya 155 RT yang berada dalam zona kuning dan selebihnya zona hijau atau tak ada kasus.

“Zona orange yang minggu lalu sisa satu, alhamdulillah turun ke kuning juga. Jadi zona kuning ada 155 RT. Selebihnya hijau. Tidak ada kasus,” kata Zulkifli, Senin (8/3) pagi di Pemkot Balikpapan.

Hal itu, lanjut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Balikpapan itu, menunjukan tanda-tanda atau progres yang baik di tingkat RT untuk PPKM Mikro.

Apalagi PPKM Mikro ini memang ditujukan kepada lingkungan masyarakat. Konsepnya wajib mengetahui siapa saja yang terpapar setiap warga. Setelah diketahui, berarti penularan bisa cepat diproteksi.

“Penularan terjadi karena tidak tahu siapa yang terpapar, sehingga menularkan kemana-mana. Jadi konsep PPKM Mikro, karena memerhatikan sama-sama, tingkat kota, RT dan timnya ada di Kelurahan. Setiap ada yang terpapar dikirim cepat datanya, langsung diisolasi baik di Embarkasi, Wisma atau di rumah,” ungkapnya.

Efektifnya PPKM Mikro juga bisa dilihat dari semakin longgarnya ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) di rumah sakit rujukan Covid-19, serta jumlah kasus yang terpapar dan kematian.

“Datanya ada sama Dinas Kesehatan. Untuk kasus positif itu dari sekitar 800 menjadi 500 kasus dalam pekan kemarin. Turunnya sekitar 27 persen,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *