background img

PPKM MIKRO BALIKPAPAN TERBAIK DI KALTIM

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan supervisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di kota Balikpapan, Jumat (12/3).

Dipimpin oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kaltim, Gede Yusa. Rombongan meninjau posko Covid-19 Kelurahan Damai Baru, Balikpapan Selatan.

Usai peninjauan, Gede mengapresiasi kinerja Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan yang mampu menegakan protokol kesehatan sesuai regulasi yang ada.

Bahkan penerapan PPKM Mikro di tingkat Rukun Tetangga (RT) hingga Kelurahan berjalan cukup baik. Mampu menekan angka kasus terkonfirmasi positif.

“Sejauh ini penerapan PPKM Mikro di Balikpapan cukup baik, sinerigitas antara Satgas Penanganan Covid-19 Kota dan Satgas RT cukup padu serta dengan instansi terkait. Ini terbukti dengan menurunnya kasus Covid-19 di Kaltim secara umum dan Kota Balikpapan khususnya,” katanya.

Hampir setiap Kabupaten dan Kota, lanjut Gede, sudah melaksanakan PPKM Skala Mikro. Sesuai dengan situasi di daerahnya masing-masing. Namun, Kota Balikpapan sejauh ini lebih baik.

“Di sini kelihatannya lebih baik. Mudahan nanti bisa memotivasi daerah lain. Kita juga berikan ruang bilamana Kabupaten Kota membutuhkan bantuan dari kita, ya kita berkolaborasi. Bisa jadi pilot project, nanti kita share ke daerah lain,” ungkapnya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menambahkan, PPKM Mikro sangat efektif dalam menekan jumlah kasus harian Covid-19 di Kota Balikpapan.

Hal itu pula yang mendasari kebijakan tersebut diperpanjang hingga 14 hari ke depan. Semula, PPKM jilid kedua dijadwalkan berakhir pada 13 Maret 2021.

“Kita akan perpanjang lagi sesuai dengan instruksi Satgas Pusat sampai akhir bulan,” ucapnya.

Rizal menyebut, PPKM Mikro membuat penanganan pandemi beralih ke lingkungan masyarakat. Mulai dari pengurus RT, Babinsa, Bhabinkamtibmas hingga Kecamatan dan Kelurahan.

“Kalau sebelumnya yang sibuk menekan angka terkonfirmasi positif hanya Satgas kota bersama jajarannya. Sekarang semua terlibat,” tandas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan itu.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *