background img

PPKM LEVEL 3 SULIT TERCAPAI

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satgas Covid-19 Kota Balikpapan menyatakan status Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang disandang Kota Balikpapan sulit diturunkan ke level 3.

Hal itu karena adanya pertimbangan aglomerasi dalam menentukan level PPKM di suatu wilayah.

“Kalau aglomerasi kita ngga bisa apa-apa, karena Balikpapan memang daerah perlintasan orang sebagai pintu gerbang Kaltim, berbatasan dengan banyak kabupaten/kota lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang juga merupakan juru bicara Satgas Covid-19 Kota Balikpapan kepada wartawan, Kamis (23/9).

Kondisi ini juga berlaku sama untuk beberapa wilayah lainnya seperti Kabupaten Kutai Kartanegara yang banyak sekali pekerja tambang bolak balik dari luar daerah dan juga berbatasan dengan lebih banyak kabupaten/kota lain.

Terkait apakah masih ada kemungkinan Kota Balikpapan turun ke level 3, ia menerangkan bahwa kebijakan tersebut tergantung Pemerintah Pusat, terlebih adanya pertimbangan aglomerasi yang disampaikan saat siaran pers pada, 20 September 2021 lalu.

“Konferensi pers hasil ratas presiden memutuskan 10 kabupaten/kota tetap di level 4 termasuk Balikpapan, alasannya karena pertimbangan aglomerasi, jumlah penduduk, vaksinasi, ” terangnya.

Terkait target cakupan vaksinasi Covid-19, saat ini masih terus berjalan, ia menargetkan di bulan Desember 2021 nanti, dapat tercapai 80 persen untuk herd immunity di Kota Balikpapan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *