background img

PPKM KEMBALI DIPERPANJANG DUA PEKAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah pusat resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 2, 3, dan 4 di wilayah Jawa-Bali selama sepekan atau hingga 16 Agustus 2021.

Adapun daerah di luar wilayah Jawa-Bali, seperti Kalimantan Timur (Kaltim) diperpanjang hingga dua pekan, 10-23 Agustus 2021. Perpanjangan diperlukan lantaran laju penularan Covid-19 masih tinggi.

“Ya mas, luar Jawa dan Bali diperpanjang sampai dengan 23 Agustus karena pemberlakuan PPKM level empat memang kita belakangan,” kata Kepala Satpol PP Balikpapan Zulkifli melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (10/8).

Ditanya apakah ada perubahan aturan pada perpanjangan PPKM level empat tersebut, Zulkifli menyebut jika masih sama dengan yang berlaku saat ini.

“Secara umum aturannya enggak ada perubahan, karena Balikpapan masih di level empat,” ucap Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan itu.

Aturan-aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Balikpapan nomor 300/2840/PEM, tentang pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level empat Covid-19 di Balikpapan.

Untuk pelaku perjalanan domestik misalnya. Baik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut).

Dalam edaran yang ditandatangani Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud pada Selasa, 10 Agustus 2021, diwajibkan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Kemudian menunjukkan PCR H-2 untuk pesawat udara serta Antigen H-1 untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, dan kapal laut.

Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka satu dan dua hanya berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke wilayah Kota Balikpapan.

Untuk sopir dan kernet kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *