background img

PPDB SIAP DIGELAR, 50 PERSEN WAKTU MASYARAKAT DIPANGKAS SAAT VERVAL

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan memastikan, penerimaan peserta didik baru atau PPDB Online 2022 siap digelar. Verifikasi dan validasi (Verval) berkas akan dimulai pada 10-29 Juni nanti.
Sekretaris Panitia PPDB Ganung Pratikno mengatakan, dua hari jelang PPDB Disdikbud terus mematangkan persiapan. Salah satunya terkait kesiapan aplikasi, dipastikan sudah 99,9 persen.
“Persiapan kita yang terakhir itu soal aplikasi, sudah 99,9 persen. Itu yang kita kejar, karena tanggal 10 Juni itu sudah proses verifikasi dan validasi,” kata Ganung, Rabu (8/6).
Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, pada proses verifikasi dan validasi kali ini Disdikbud Kota Balikpapan bakal memangkas waktu masyarakat 50 persen. Artinya tak perlu lagi menunggu lama hasil dari verifikasi dan validasi. Tujuannya untuk memecah antrean.
“Kita akan pangkas waktu masyarakat 50 persen. Selama ini masyarakat datang dengan membawa persyaratan. Setelah itu masih menunggu hasil verifikasi dan validasinya dalam bentuk fisik. Nah, tahun ini enggak lagi. Bentuknya sudah digital, masyarakat bisa lihat di aplikasi,” ucapnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Purnomo menuturkan, persiapan PPDB masih terus berjalan.
Petunjuk teknis (Juknis) mengenai PPDB tersebut telah dibuat.
Untuk jenjang SD dan SMP Negeri dilaksanakan secara online melalui website htps://balikpapan.siap-ppdb.com. Sementara untuk jenjang TK melalui pendaftaran offline. Ada empat jalur yang disiapkan, yakni afirmasi, perpindahan, prestasi dan zonasi.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.