background img

POSYANDU JADI TEMPAT ISOLASI

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan belum menunjukkan adanya tanda-tanda penurunan. Setiap harinya penambahan kasus positif rata-rata masih pada angka seratusan.

Kondisi tersebut membuat pemerintah melakukan langkah cepat dan strategis untuk mengurangi dampak buruk dari penyebaran virus yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok itu.

Terbaru adalah dengan menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro. Di mana RT menjadi ujung tombak dalam memutus rantai penyebaran kasus.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, sejumlah RT kini berinisiatif mendirikan posko Covid-19. Bahkan ada yang menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar.

Seperti di RT 12 Gang Monas, Jalan Wiluyo Puspoyudo, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota (Balkot).

Warga bersepakat untuk memanfaatkan Posyandu yang ada di lingkungan mereka untuk dijadikan tempat isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Ini atas kesepakatan bersama dengan warga, tempat yang tadinya untuk Posyandu dijadikan sementara buat isolasi mandiri warga. Bahkan sudah dijadikan tempat isolasi sebelum adanya PPKM Mikro,” kata Ketua RT 12 Kadarsyah saat ditemui, Selasa (16/2).

Tempat isolasi tersebut dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti MCK, springbed, televisi, wifi, dan lainnya. “Kalau berjemur juga nanti bisa di lantai dua,” ungkap pria yang akrab disapa Caca itu.

Untuk penanganannya, lanjut Caca, pihaknya berkoordinasi dengan Satgas tingkat Kelurahan serta Dinas Kesehatan Kota (DKK) tentang sistem perawatannya.

“Kami koordinasi. Tapi Alhamdulillah, sejak adanya pandemi ini belum ada warga di RT 12 yang terpapar Covid-19,” ucapnya.
Selama PPKM mikro, pengurus RT bersama warga juga melakukan beberapa pengetatan. Salah satunya potal masuk lingkungan RT ditutup ketika sudah pukul 22.00 Wita.

“Kalau ada pendatang juga akan ditanya apa saja keperluannya. Warga juga selalu aktif dan peduli dalam menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan instruksi pemerintah,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *