background img

POSKO COVID-19 KELURAHAN DIBENTUK

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan mulai membentuk posko di tiap kelurahan untuk untuk mengawasi pengendalian Covid-19 di lingkungan RT.

Kebijakan itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari pemberlakuan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang mulai diberlakukan secara efektif pada pekan ini.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan Zulkifli selaku Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan mengatakan untuk pekan pertama penerapan PKBM mikro ini, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam melakukan pemetaan zona penyebaran Covid-19.

“Untuk minggu ini, kita melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait di antaranya Dinas Kesehatan, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat setempat, termasuk relawan namun dari semua itu yang terpenting adalah RT yang sudah kita tetapkan zonasinya,” kata Zulkifli kepada wartawan, Senin (15/2).

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya telah memerintahkan kepada kecamatan untuk melakukan pendampingan dengan kelurahan dalam menjalankan PPKM mikro di wilayah, sehingga dapat bersinergi dengan kebijakan PPKM di tingkat kota.

“Kita juga sudah memerintahkan kepada petugas di kecamatan untuk meningkatkan supervisi-nya ke kelurahan, hal ini dilakukan supaya penerapan PPKM mikro ini tidak kendor di tingkat kota,” ujarnya.

Ia menambahkan bagi RT yang tidak memiliki sarana prasarana seperti alat untuk melakukan penyemprotan disinfektan atau ruang isolasi untuk melakukan pemberlakuan PPKM mikro di wilayah dapat melaporkan kondisinya kepada pihak kelurahan.

“Untuk biaya melakukan penyemprotan atau penyediaan tempat isolasi secara resmi tidak ada, tapi apabila ada RT yang tidak memiliki sarana atau prasarana, pihak kelurahan setempat dapat berkoordinasi dengan instansi terkait di antaranya BPBD untuk melakukan penyemprotan,” pungkasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *