background img

POSITIF DIRAWAT MELONJAK

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit meningkat signifikan. Seiring dengan tingginya kasus dalam beberapa pekan terakhir.

Demikian disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Dikatakan, saat ini pasien positif Covid-19 yang dirawat sebanyak 194. Dari kapasitas 306 di delapan rumah skait.

“Harus kita waspadai. Rumah sakit ini awalnya punya kapasitas tempat tidurnya untuk Covid-19 hanya 306 di delapan rumah sakit. Sekarang sudah 194 yang terisi, naik dari sebelumnya 176,” kata Rizal, Selasa (15/12).

Selain karena tingginya jumlah kasus, belakangan beberapa pasien Covdi-19 dari daerah lain seperti Samarinda, PPU dan Paser juga dikirim ke Balikpapan. Tentu menambah penghuni di rumah sakit.

“Ada yang dikirim ke Balikpapan. Mungkin karena keterbatasan dan juga rumah sakit di sana penuh. Ada juga karena pertimbangan pelayanan kesehatannya di Balikpapan lebih maksimal,” ungkapnya.

Kondisi ini, lanjut Rizal, harus betul-betul jadi perhatian. Terlebih di fasilitas ICU atau Intensive Care Unit yang sangat terbatas.

“Jadi kalau penuh dan ada pasien Covid-19 yang gejala berat, maka bisa mendorong angka kematiannya lebih tinggi. Itu yang harus kita waspadai lagi,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *