background img

POLDA RINGKUS 2 PEMBUNUH SADIS

3 years ago written by

BALIKPAPAN – Polda Kaltim melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) berhasil mengungkap kasus pembunuhan sadis yang terjadi di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau.

Dua tersangka berhasil diringkus, masing-masing berinisial A (24) dan M (28). Tersangka A diamankan lebih dulu di wilayah Kabupaten Berau dan saat ini telah diamankan oleh kepolisian Kabupaten Berau. Sedangkan tersangka M ditangkap di rumah orang tuanya, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Senin (5/2) lalu.

Dalam kasus ini, korban atas nama Redi Siswanto dibunuh lalu mobil pikapnya diambil. Tak hanya dibunuh, jasad korban tersebut juga dikuburkan dengan cara tak wajar.

Kejadian itu bermula saat tersangka A dan M masuk ke rumah korban saat malam hari sekira pukul 23.30 Wita, dengan tujuan mencuri. Namun aksi keduanya itu ketahuan korban. Panik, tersangka A kemudian memukulkan balok ke kepala korban hingga meninggal. Ini terjadi pada awal Januari 2018 lalu.

“Saat itu hanya dia sendiri di rumahnya. Setelah itu, kami kubur jasadnya tak jauh dari rumahnya. Itu kami lakukan untuk menghilangkan jejak. Lalu mobilnya kami ambil dan dijual ke Balikpapan,” kata M saat ditemui KPFM sesaat setelah tiba di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dijemput Unit Jatanras Polda Kaltim dari Blitar, Selasa (6/2) malam.

Dari keterangan M, mobil tersebut dijual dan laku seharga Rp98,5 juta. Setelah menjual mobil, kedua tersangka langsung menuju ke Kabupaten Blitar. “Hasilnya kami bagi dua. Si A beli tanah di Blitar dan saya beli sepeda motor Kawasaki Ninja. Setelah beberapa hari kemudian, A balik ke Berau,” ujar M.

Saat ini, M sedang disinggahkan di Posko Jatanras Polda Kaltim, jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan. Nantinya, M akan dikembalikan ke Berau untuk menjalani pemeriksaan lanjutan oleh kepolisian Berau.

Akibat hal itu, para tersangka terancam hukuman penjara selama 20 tahun.

“Mereka  disangkakan pasal 338 KUHP dan 340 KUHP. Ancaman hukumannya 20 tahun penjara,” tegas Dir Reskrimum Polda Kaltim Kombes Pol Hilman saat berada di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, didampingi Kasubdit III Jatanras Polda Kaltim Kompol Yohanes.

Untuk diketahui, Dir Reskrimum Hilman bersama Kasubdit Jatanras Yohanes turut serta dalam pengungkapan kasus ini. Perwira berpangkat melati tiga dan melati satu itu secara langsung berada di bandara, menunggu kedatangan tim Jatanras Polda Kaltim membawa salah satu tersangka pembunuhan sadis itu. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *