background img

POLDA LUNCURKAN LEMBUSWANA

5 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Polda Kaltim secara resmi meluncurkan LembuSwana. Aplikasi yang dirancang untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kaltim. Aplikasi itu bisa memantau titik api atau hot spot karena terkoneksi dengan empat satelit.

Peluncurannya berlangsung di Novotel Hotel, Kamis (16/12). Dihadiri oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, dan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan & Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana (KLHK) R. Basar Manullang.
Pada sesi konferensi pers, Basar Manullang mengapresiasi peluncuran aplikasi LembuSwana milik Polda Kaltim ini. Dia mengatakan, penanggulangan karhutla memang perlu kerjasama seluruh pihak.
“Ini merupakan aplikasi deteksi dini. Dengan adanya aplikasi ini tentu petugas di lapangan bisa lebih mudah menangani jika ada titik api,” kata Basar Manullang kepada wartawan.
Gubernur Kaltim Isran Noor juga menyampaikan hal serupa. Dikatakan, aplikasi ini bakal sangat membantu dalam deteksi dini kebakaran hutan dan lahan di Kaltim. “Petugas terdekat nanti bisa memonitor serta melakukan tindakan,” ungkapnya.
Dalam dua tahun terakhir, lanjut Isran, Kaltim mencatatkan nol kebakaran hutan dan lahan. Tentunya tak lepas dari peran aktif pemerintah bersama TNI juga Polri. “Cuaca juga mendukung. Kondisi basah,” tutunya.
Irjen Pol Herry menambahkan, lewat aplikasi ini Gubernur Kaltim hingga Pangdam VI Mulawarman bisa langsung memonitor jika ada info karhutla.
“Jadi nanti bisa langsung diintervensi jika memang belum termonitor. Dengan demikian, petugas terdekat bisa segera ke lokasi jika ditemukan titik api. Harapannya api bisa segera dipadamkan,” ucap Kapolda.
Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso juga mengapresiasi kepada Polda Kaltim atas peluncuran LembuSwana. Dia memastikan TNI siap mendukung program penanganan karhutla di Kaltim.
“Kami juga sudah minta izin kepada Kapolda Kaltim untuk bisa memiliki akses ke aplikasi ini. Nantinya kami juga punya aplikasi yang akan saling mengisi,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.