background img

PKL PANDANSARI DIMINTA SEGERA MENDAFTAR

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Perdagangan Kota Balikpapan meminta agar puluhan pedagang kaki lima (PKL) lorong IPAL Pasar Pandansari baru saja ditertibkan agar segera mengajukan permohonan lokasi penentuan lapak.

“Saya telepon UPT yang daftar 30 sampai hari ini orangnya tidak ada kembali lagi,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman ketika diwawancarai wartawan, Jumat (2/7).

Hal itu disampaikan Arzaedi untuk menanggapi komentar dari sejumlah PKL lorong IPAL Pasar Pandansari yang meminta agar difasilitasi oleh Dinas Perdagangan Kota Balikpapan dalam mendapatkan lokasi lapak berjualan di dalam bangunan pasar, ketika dilakukan penertiban pada 30 Juni 2021.

“Jadi saya sampaikan kepada para pedagang yang kemarin kita libatkan agar tidak mendengarkan isu-isu yang ada tersebar langsung aja datang ke UPT, jangan ngomong-ngomong di luar,” ungkapnya.

Ia mempersilahkan kepada PKL yang kemarin ditertibkan untuk segera mendaftar dan nanti akan diarahkan lokasi lapaknya.

Ketika mendaftar untuk mendapatkan lapak di dalam bangunan pasar, para PKL hanya diminta membawa persyaratan berupa KTP dan kartu keluarga.

Setelah dinyatakan lengkap, PKL yang bersangkutan akan langsung ditunjukkan oleh UPT lokasi lapak yang akan dipergunakan.

“Artinya tuh gini aja datang aja ke UPT bawa KTP, kartu keluarga, nanti PT menunjukkan di blok mana mereka mendapatkan tempat tapi bayar retribusi tidak sampai Rp 150.000 dalam satu bulan,” terangnya.

Yang jelas, lanjut Arzaedi, ketersediaan lapak yang ada di dalam bangunan pasar masih mencukupi, karena ada sekitar 900 lapak dan yang terisi baru sekitar 500 an.

“Yang jelas, selama lapak yang ada di dalam gedung pasar itu belum tersewa ya, masih kami sewakan karena lapak tersebut adalah milik Pemerintah Kota Balikpapan. Nah kalau ada yang kemudian tidak bayar, bisa saja lapaknya ditempati oleh orang lain,” pungkasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *