background img

PKL MERDEKA DIPERBOLEHKAN BERJUALAN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Gugus Tugas Covid 19 Kota Balikpapan memberikan kelonggaran kepada sejumlah pedagang kaki lima yang biasa berjualan di kawasan Lapangan Merdeka untuk bisa menggelar dagangannya.

“Untuk PKL lapangan merdeka itu pada PPKM jilid 2 ini, kita sudah berikan relaksasi satu hari pada hari Sabtu, jadi hari Minggu saja yang tutup,” kata Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli kepada wartawan, Senin (⅓).

kebijakan ini, lanjut Zulkifli, diberikan untuk menanggapi desakan daripada pedagang di kawasan Lapangan Merdeka yang meminta agar kembali diperbolehkan kembali berjualan pada hari Sabtu dan Minggu.

Namun dalam menanggapi desakan tersebut, pihaknya hanya memberikan kelonggaran untuk bisa kembali berjualan di hari Sabtu, sambil mengevaluasi kebijakan yang diterapkan.

“Kami hanya berikan kelonggaran di hari Sabtu ja, karena kita dalam memberikan relaksasi itu secara bertahap,” ujarnya.

Menurut Zulkifli, dalam menerapkan kebijakan tersebut, pihaknya juga akan menempatkan personel dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan di kawasan Lapangan Merdeka, tidak ada kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat, yang dapat menimbulkan potensi penyebaran Covid 19.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Pertamina, lokasi yang diperbolehkan untuk berjualan di kawasan Lapangan Merdeka hanya lapangan 1.

“Memang banyak kita temukan PKL yang kemudian pindah lokasi berjualan di antaranya untuk PKL yang berbentuk asongan atau mobil, itu kita tertibkan. Dan memang kalau kita lagi melakukan razia di kawasan tersebut khususnya di kawasan depan Rumah Sakit Pertamina itu biasanya mereka sudah pergi duluan, dan kalau sudah tidak ada petugas mereka berjualan kembali, itu biasalah dinamika Kita di lapangan,” ungkapnya.

Ia menerangkan setiap PKL yang yang kedapatan melanggar aturan tersebut biasanya diberikan tindakan pelanggaran Tipiring atau disita alat berjualannya supaya tidak melakukan hal yang sama.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *